Rabu, 29 Desember 2010

Beranda Kesehatan Artikel Kesehatan Awali Hari dengan Sarapan
 
Pagi hari yang sibuk adalah hal biasa yang dialami oleh para karyawan khususnya di daerah perkotaan. Lalu lintas yang macet membuat sedikit waktu adalah hal berharga agar tidak terlambat sampai di kantor. Akibatnya, karena tergesa-gesa, banyak orang yang pergi ke kantor tanpa sarapan. Ada beberapa alasan mengapa seseorang tidak memulai harinya dengan sarapan. Atau ada juga yang menganggap makan pagi atau sarapan kurang penting, bahkan merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan dengan mengurangi masuknya makanan di pagi hari. Sebenarnya, apakah memang penting untuk mengawali hari dengan sarapan? Bagaimana menyiasati agar Anda dapat secara rutin melakukan sarapan? Apa menu sarapan yang sehat untuk tubuh?
Baca Kumpulan Info versi mobile di mana saja: m.kumpulan.info

Manfaat Sarapan

Sarapan atau makan pagi penting untuk dilakukan. Alasannya karena saat tidur selama kurang lebih 8 jam tubuh kita tidak ada makanan yang masuk dalam tubuh sedangkan aktivitas seperti bernafas, bergerak atau aktivitas ringan lain tetap berjalan. Akibatnya kadar gula dalam tubuh sangat rendah. Sedangkan pagi hari aktivitas fisik mulai berjalan, seperti melakukan perjalanan ke kantor, berpikir atau perlunya konsentrasi agar dapat melakukan kegiatan dengan baik. Semua ini memerlukan adanya energi dan energi didapatkan dari makanan yang disantap.
Dengan menyantap makanan yang baik, akan membuat tubuh akan merasa kenyang dan akan membangkitkan semangat untuk melakukan aktivitas. Anda tidak akan merasa lesu atau disibukkan oleh perut yang kelaparan. Sarapan yang sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Secara emosi, sarapan dapat menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga, saling bercerita, berkomunikasi dan mendekatkan diri secara emosi. Ini merupakan hal yang baik untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

Mengapa Tidak Sarapan?

Tetapi, walau menyadari pentingnya sarapan. Ada orang yang merasa enggan melakukannya karena beberapa alasan. Misalnya:
  • Diburu waktu, agar tidak terlambat sampai di kantor, seseorang melewatkan sarapan atau hanya minum susu atau kopi sebagai sarapannya. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya Anda bangun lebih pagi. Agar tidak merasa mengantuk saat bangun pagi, Anda harus tidur lebih awal. Mendisiplin diri agar tidak tergoda untuk menonton TV atau berinternet yang dapat membuat kita terjaga sampai larut malam.
  • Takut gemuk. Mengurangi jatah masuknya makanan di pagi hari dapat membuat kita terlihat langsing. Pendapat ini salah besar karena justru tanpa sarapan, kalori yang disantap bisa lebih banyak. Tanpa sarapan, metabolisme tubuh dan pembakaran lemak dalam tubuh akan menurun sehingga nafsu makan siang akan meningkat. Tubuh yang terasa lapar dapat membuat Anda mencari cemilan sehingga kalori yang masuk dalam tubuh meningkat.
  • Tidak terbiasa, merasa mual atau sakit perut bila makan di pagi hari. Anda harus menanamkan dalam pikiran untuk bersungguh-sungguh membiasakan diri sarapan agar tetap sehat. Coba untuk tidak langsung sarapan setelah bangun tidur tetapi berikan jeda waktu antara 1-2 jam setelah bangun baru menyantap sarapan Anda. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan tidak lengsung menghabiskan sarapan, tetapi membaginya dalam beberapa porsi kecil yang dapat disantap sepanjang pagi. Pastikan agar kemasan tidak rusak yang dapat menyebabkan makanan menjadi rusak.
  • Bosan atau tidak nafsu untuk menyantap sarapan. Solusinya adalah dengan membuat menu sarapan bervariasi tidak hanya nasi goreng, roti selai, telur dadar atau menu lain yang hanya itu-itu saja. Memang hal ini tidak mudah, karena mungkin Anda yang bekerja, Anda bisa terlambat ke kantor bila harus menyiapkan makanan yang repot. Tetapi Anda dapat mencoba mempersiapkan bahan makanan untuk sarapan pada malam hari. Esoknya, Anda tinggal menyelesaikan makanan dengan memasak yang akan menghemat waktu. Dengan meyediakan waktu lebih banyak, manfaat yang bisa didapat lebih banyak pula.

Menu Sarapan

Sarapan sudah dilakukan setiap hari. Tetapi, apakah menu makan pagi Anda sudah sehat? Banyaknya kalori yang sebaiknya masuk dalam tubuh kita waktu sarapan adalah sebanyak 300-400 kalori. Makanan yang dianjurkan untuk sarapan adalah menu yang cukup gizinya, menu yang sesuai dengan “Empat Sehat Lima Sempurna”, yang 3 diantaranya adalah terdiri dari karbohidrat, protein, susu, sereal. Pilihan lain adalah dengan minum jus buah, 2 porsi buah besar, susu atau susu rendah lemak.
Karena waktu yang hanya sedikit, para karyawan sering sarapan setelah sampai di kantor. Sisi negatif dari membeli makanan adalah kita tidak tahu sampai sejauh mana kebersihan makanan tersebut. Untuk menghindari penyakit akibat makanan yang kotor, upayakan untuk memilih mengkonsumsi makanan yang sehat yang mengandung kandungan gizi yang cukup. Pilih makanan dalam kemasan yang tertutup agar dapat dipastikan makanan tersebut tidak dihinggapi lalat atau nyamuk yang membawa bibit peyakit.
Upayakan juga untuk menghindari makanan yang kurang sehat atau yang berminyak di menu sarapan yang dibeli. Misalnya Anda dapat menghindari mengkonsumsi jeroan saat bersantap bubur. Hindari santan saat menikmati bubur kacang hijau, hindari kerupuk saat bersantap nasi atau saat makan ketoprak. Tetapi, jangan lupa untuk tidak membiasakan diri dengan bersantap gorengan sebagai menu sarapan pagi karena kalori yang tinggi dan penggunaan minyak goreng yang kurang baik.
Kini, tidak ada alasan lagi untuk memulai hari tanpa sarapan karena ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapat bila kita sarapan sehat secara rutin. Hal ini juga dapat dilatih pada anak-anak agar mereka terbiasa untuk sarapan yang akan memberikan energi bagi mereka untuk mengikuti kegiatan sekolah yang padat, membantunya berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang diberikan. Maka, upayakan untuk menyediakan menu sarapan yang sehat dan lezat yang akan dinikmati seluruh anggota keluarga.
Bisnis Pulsa , BONUS PULSA, Uang & Mobil, klik www.klik.ws/bp69
Tanggal: 28/12/2010 | Jam: 16:49 | Pengirim: 628155109985 | Cara Kirim


Anda dapat berlangganan info gratis via e-mail. Silahkan klik link di bawah ini:
» Berlangganan Info Terbaru Gratis di Kumpulan.Info
Bagikan dan sebarluaskan artikel ini:
Judul: Awali Hari dengan Sarapan
URL: http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/208-awali-hari-dengan-sarapan.html

Senin, 27 Desember 2010

trik maen point blank

ada saran dr gue...da saran dr gue...epri
1. kalo ada title yg hadiahnya [???(secret)] jangan diambil dulu.. kemungkinan besar itu hadiahnya senjata yg lom diimplementasikan ama GM

contohnya: P99%HaK, pistol baru kluaran GM sekarang dah bisa didapetin kalo ambil title pistol yg pertama

2. point jgn dipake buad beli char cewe ama senjata 100 biji mnurut gue kurang guna, ntar lv gede ky gue butuh master medal berjibun, mending buad beli quest, kumpulin master medal sebanyak mungkin, kalo dah diimplementasikan senjatanya ama GM tinggal ambil tuh titlenya


bli sniper dagoon (yg warna item itu lho)

1.kalo jadi sniperman jangan kaya banci(awp dari jauh)
2.kita maju kaya hitter.. tapi di barisan blakang..
3.nalar harus tinggi.. buat nembak non klik kanan..
4.jadikan sniper seperti shotgun saat musuh deket..
5.jadikan sniper seperti pisau terbang saat musuh jauh..

Tips Naik Heli

Tips Menggunakan Mini Gun Helikopter
1.Pas pertama kali naek heli, cepet langsung megang mini-gun heli, jangan ampe di rebut orang lain. ama kalo bisa nungguin orang lain. tar orangnya ngambek (klo ngambek tar helinya di tembak2in)
2.Jangan Langsung tembak,loh?. tunggu ampe kereload dulu mini-gunya,ya kira2 2-4 detik lah.
3.Tembak kalau ada musuh saja (nah ini banyak orang yg asal tembak, cuma mecahin kaca doang...swt)
4.Fokus aja ama di depan lu,kalo ad yang gerak2langsung tembak,apalagi yang bawa RPG-7,Kepalanya te,bak skalian kalau bisa

Trick menggunakan Mini-Gun Helikopter

1.Kalau mau Chain Kill/Piercing Shot, mending tunggu itu tempat agak ramai,mending masuk room yang rame, biar gampang.
2.Cari tempat rata2 orang pada rame2 jalan.(biasanya di deket helipad, deket tempat RPG-7nya, itu kan biasanya agak rame CTnya)
3.Yang penting itu lu cuma harus Fokus, ama crosshair. ada yang gerak. langsung tembak
4.Tempat paling cocok buat dapetin Chain Kill,Piercing shot menggunakan Mini-Gun, yaitu di sekitar pagar besi, kalau rame. panen dah lu di situ

Yang Perlu di inget kalo menggunakan Helikopter
1.Disarankan Menggunakan Senjata:
-MP7
-ShotGun
atau senjata close range lainya. dan sebaiknya jangan make sniper, kalo lu jadi yang gunner heli. kalo penumpang heli mah bebas, asal jangan make piso aja
2.Kalo lu lg di helikopter, jangan lecetin make piso ato nembak badan helinya. soalnya tar HP heli ngurang.
3.Hati2 di heli masih ada BUG,jangan loncat2,gw pernah pengalaman loncat2 di heli, tau2 jatuh. padahal itu di tengah helinya. dan posisi heli lagi lurus

Tips and Trick map "Chinatown"

Map nie sbnrny spesial bwt maen sniper btul?? Jdi mayoritas player pke sniper btul? Nah.... Susah dong klo mo maju btul?? Nie gw ad trikny..

Trgntung lue ad dmana, maju k tmpt msuh, jgn mju2 aj, tpi cari sudut matiny, jdi sniper gk isa nmbak lue, ataupun liat lue.. Trus naik deh gdungny, trserah mo make ap kill2in dah satu2 sniperny!! Tmen guwa kmren gini dpet 5 kill loh.. 2 pke piso, 1 chain stopper, 2 HS hehe.... Tape mate gr2 g dket2 ruang respawn -.-a

Rabu, 22 Desember 2010

Pengertian Psikologi

Pengertian Psikologi

Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental

Sejarah Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang tergolong muda (sekitar akhir 1800an.) Tetapi, manusia di sepanjang sejarah telah memperhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf yunani terutama Plato dan Aristoteles. Setelah itu St. Augustine (354-430) dianggap tokoh besar dalam psikologi modern karena perhatiannya pada intropeksi dan keingintahuannya tentang fenomena psikologi. Descartes (1596-1650) mengajukan teori bahwa hewan adalah mesin yang dapat dipelajari sebagaimana mesin lainnya.

Ia juga memperkenalkan konsep kerja refleks. Banyak ahli filsafat terkenal lain dalam abad tujuh belas dan delapan belas—Leibnits, Hobbes, Locke, Kant, dan Hume—memberikan sumbangan dalam bidang psikologi. Pada waktu itu psikologi masih berbentuk wacana belum menjadi ilmu pengetahuan.
Sumber : Wikipedia.org/

Senin, 20 Desember 2010

teori belajar

behaviorisme+JUDUL Teori Belajar BehaviorismeBehaviorisme adalah teori perkembangan perilaku, yang dapat diukur, diamati dan dihasilkan oleh respons pelajar terhadap rangsangan. Tanggapan terhadap rangsangan dapat diperkuat dengan umpan balik positif atau negatif terhadap perilaku kondisi yang diinginkan. Hukuman kadang-kadang digunakan dalam menghilangkan atau mengurangi tindakan tidak benar, diikuti dengan menjelaskan tindakan yang diinginkan. Pendidikan behaviorisme merupakan kunci dalam mengembangkan keterampilan dasar dan dasar-dasar pemahaman dalam semua bidang subjek dan manajemen kelas. Ada ahli yang menyebutkan bahwa teori belajar behavioristik adalah perubahan perilaku yang dapat diamati, diukur dan dinilai secara konkret.
Ciri dari teori behavioristik adalah mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil, bersifat mekanistis, menekankan peranan lingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respon, menekankan pentingnya latihan, mementingkan mekanisme hasil belajar,mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar yang diperoleh adalah munculnya perilaku yang diinginkan. Guru yang menganut pandangan ini berpandapat bahwa tingkahlaku siswa merupakan reaksi terhadap lingkungan dan tingkahl laku adalah hasil belajar.
Dalam hal konsep pembelajaran, proses cenderung pasif berkenaan dengan teori behavioris. Pelajar menggunakan tingkat keterampilan pengolahan rendah untuk memahami materi dan material sering terisolasi dari konteks dunia nyata atau situasi. Little tanggung jawab ditempatkan pada pembelajar mengenai pendidikannya sendiri.
Ada beberapa tokoh teori behavioristik. Tokoh-tokoh aliran behavioristik tersebut antaranya adalah Thorndike, Watson, Clark Hull, Edwin Guthrie, dan Skinner. Berikut akan dibahas karya-karya para tokoh aliran behavioristik dan analisis serta peranannya dalam pembelajaran.
1. Teori Belajar Menurut Thorndike
Menurut Thorndike, belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Stimulus adalah apa yang merangsang terjadinya kegiatan belajar seperti pikiran, perasaan, atau hal-hal lain yang dapat ditangkap melalui alat indera. Sedangkan respon adalah reaksi yang dimunculkan peserta didik ketika belajar, yang dapat pula berupa pikiran, perasaan, atau gerakan/tindakan. Jadi perubahan tingkah laku akibat kegiatan belajar dapat berwujud konkrit, yaitu yang dapat diamati, atau tidak konkrit yaitu yang tidak dapat diamati. Meskipun aliran behaviorisme sangat mengutamakan pengukuran, tetapi tidak dapat menjelaskan bagaimana cara mengukur tingkah laku yang tidak dapat diamati. Teori Thorndike ini disebut pula dengan teori koneksionisme (Slavin, 2000).
Ada tiga hukum belajar yang utama, menurut Thorndike yakni (1) hukum efek; (2) hukum latihan dan (3) hukum kesiapan (Bell, Gredler, 1991). Ketiga hukum ini menjelaskan bagaimana hal-hal tertentu dapat memperkuat respon.
2. Teori Belajar Menurut Watson
Watson mendefinisikan belajar sebagai proses interaksi antara stimulus dan respon, namun stimulus dan respon yang dimaksud harus dapat diamati (observable) dan dapat diukur. Jadi walaupun dia mengakui adanya perubahan-perubahan mental dalam diri seseorang selama proses belajar, namun dia menganggap faktor tersebut sebagai hal yang tidak perlu diperhitungkan karena tidak dapat diamati. Watson adalah seorang behavioris murni, karena kajiannya tentang belajar disejajarkan dengan ilmu-ilmu lain seperi Fisika atau Biologi yang sangat berorientasi pada pengalaman empirik semata, yaitu sejauh mana dapat diamati dan diukur.
3. Teori Belajar Menurut Clark Hull
Clark Hull juga menggunakan variabel hubungan antara stimulus dan respon untuk menjelaskan pengertian belajar. Namun dia sangat terpengaruh oleh teori evolusi Charles Darwin. Bagi Hull, seperti halnya teori evolusi, semua fungsi tingkah laku bermanfaat terutama untuk menjaga agar organisme tetap bertahan hidup. Oleh sebab itu Hull mengatakan kebutuhan biologis (drive) dan pemuasan kebutuhan biologis (drive reduction) adalah penting dan menempati posisi sentral dalam seluruh kegiatan manusia, sehingga stimulus (stimulus dorongan) dalam belajarpun hampir selalu dikaitkan dengan kebutuhan biologis, walaupun respon yang akan muncul mungkin dapat berwujud macam-macam. Penguatan tingkah laku juga masuk dalam teori ini, tetapi juga dikaitkan dengan kondisi biologis (Bell, Gredler, 1991).
4.  Teori Belajar Menurut Edwin Guthrie
Azas belajar Guthrie yang utama adalah hukum kontiguiti. Yaitu gabungan stimulus-stimulus yang disertai suatu gerakan, pada waktu timbul kembali cenderung akan diikuti oleh gerakan yang sama (Bell, Gredler, 1991). Guthrie juga menggunakan variabel hubungan stimulus dan respon untuk menjelaskan terjadinya proses belajar. Belajar terjadi karena gerakan terakhir yang dilakukan mengubah situasi stimulus sedangkan tidak ada respon lain yang dapat terjadi. Penguatan sekedar hanya melindungi hasil belajar yang baru agar tidak hilang dengan jalan mencegah perolehan respon yang baru. Hubungan antara stimulus dan respon bersifat sementara, oleh karena dalam kegiatan belajar peserta didik perlu sesering mungkin diberi stimulus agar hubungan stimulus dan respon bersifat lebih kuat dan menetap. Guthrie juga percaya bahwa hukuman (punishment) memegang peranan penting dalam proses belajar. Hukuman yang diberikan pada saat yang tepat akan mampu mengubah tingkah laku seseorang.
Saran utama dari teori ini adalah guru harus dapat mengasosiasi stimulus respon secara tepat. Pebelajar harus dibimbing melakukan apa yang harus dipelajari. Dalam mengelola kelas guru tidak boleh memberikan tugas yang mungkin diabaikan oleh anak (Bell, Gredler, 1991).
5. Teori Belajar Menurut Skinner
Konsep-konsep yang dikemukanan Skinner tentang belajar lebih mengungguli konsep para tokoh sebelumnya. Ia mampu menjelaskan konsep belajar secara sederhana, namun lebihkomprehensif. Menurut Skinner hubungan antara stimulus dan respon yang terjadi melalui interaksi dengan lingkungannya, yang kemudian menimbulkan perubahan tingkah laku, tidaklah sesederhana yang dikemukakan oleh tokoh tokoh sebelumnya. Menurutnya respon yang diterima seseorang tidak sesederhana itu, karena stimulus-stimulus yang diberikan akan saling berinteraksi dan interaksi antar stimulus itu akan mempengaruhi respon yang dihasilkan. Respon yang diberikan ini memiliki konsekuensi-konsekuensi. Konsekuensi-konsekuensi inilah yang nantinya mempengaruhi munculnya perilaku (Slavin, 2000). Oleh karena itu dalam memahami tingkah laku seseorang secara benar harus memahami hubungan antara stimulus yang satu dengan lainnya, serta memahami konsep yang mungkin dimunculkan dan berbagai konsekuensi yang mungkin timbul akibat respon tersebut. Skinner juga mengemukakan bahwa dengan menggunakan perubahan-perubahan mental sebagai alat untuk menjelaskan tingkah laku hanya akan menambah rumitnya masalah. Sebab setiap alat yang digunakan perlu penjelasan lagi, demikian seterusnya.
Aliran psikologi belajar yang sangat besar pengaruhnya terhadap arah pengembangan teori dan praktek pendidikan dan pembelajaran hingga kini adalah aliran behavioristik. Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Teori behavioristik dengan model hubungan stimulus responnya, mendudukkan orang yang belajar sebagai individu yang pasif. Respon atau perilaku tertentu dengan menggunakan metode drill atau pembiasaan semata. Munculnya perilaku akan semakin kuat bila diberikan reinforcement dan akan menghilang bila dikenai hukuman.
Aplikasi teori behavioristik dalam kegiatan pembelajaran tergantung dari beberapa hal seperti: tujuan pembelajaran, sifat materi pelajaran, karakteristik pebelajar, media dan fasilitas pembelajaran yang tersedia. Pembelajaran yang dirancang dan berpijak pada teori behavioristik memandang bahwa pengetahuan adalah obyektif, pasti, tetap, tidak berubah. Pengetahuan telah terstruktur dengan rapi, sehingga belajar adalah perolehan pengetahuan, sedangkan mengajar adalah memindahkan pengetahuan (transfer of knowledge) ke orang yang belajar atau pebelajar. Fungsi mind atau pikiran adalah untuk menjiplak struktur pengetahuan yag sudah ada melalui proses berpikir yang dapat dianalisis dan dipilah, sehingga makna yang dihasilkan dari proses berpikir seperti ini ditentukan oleh karakteristik struktur pengetahuan tersebut. Pebelajar diharapkan akan memiliki pemahaman yang sama terhadap pengetahuan yang diajarkan. Artinya, apa yang dipahami oleh pengajar atau guru itulah yang harus dipahami oleh murid.
Metode behavioristik ini sangat cocok untuk perolehan kemampaun yang membuthkan praktek dan pembiasaan yang mengandung unsur-unsur seperti : Kecepatan, spontanitas, kelenturan, reflek, daya tahan dan sebagainya, contohnya: percakapan bahasa asing, mengetik, menari, menggunakan komputer, berenang, olahraga dan sebagainya. Teori ini juga cocok diterapkan untuk melatih anak-anak yang masih membutuhkan dominansi peran orang dewasa, suka mengulangi dan harus dibiasakan, suka meniru dan senang dengan bentuk-bentuk penghargaan langsung seperti diberi permen atau pujian.
  • https://www.msu.edu/~purcelll/behaviorism%20theory.htm
  • http://www.scumdoctor.com/psychology/behaviorism/Theory-And-Definition-Of-Behaviorism.html
  • http://www.funderstanding.com/content/behaviorism
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Belajar_Behavioristik

teori sigmund freud

sigmund freud Struktur Kepribadian Id, Ego dan Superego Sigmund FreudMenurut teori psikoanalitik Sigmund Freud, kepribadian terdiri dari tiga elemen. Ketiga unsur kepribadian itu dikenal sebagai id, ego dan superego yang bekerja sama untuk menciptakan perilaku manusia yang kompleks.
1.  Id
Id adalah satu-satunya komponen kepribadian yang hadir sejak lahir. Aspek kepribadian sepenuhnya sadar dan termasuk dari perilaku naluriah dan primitif. Menurut Freud, id adalah sumber segala energi psikis, sehingga komponen utama kepribadian.
Id didorong oleh prinsip kesenangan, yang berusaha untuk kepuasan segera dari semua keinginan, keinginan, dan kebutuhan. Jika kebutuhan ini tidak puas langsung, hasilnya adalah kecemasan negara atau ketegangan.
Sebagai contoh, peningkatan rasa lapar atau haus harus menghasilkan upaya segera untuk makan atau minum. id ini sangat penting awal dalam hidup, karena itu memastikan bahwa kebutuhan bayi terpenuhi. Jika bayi lapar atau tidak nyaman, ia akan menangis sampai tuntutan id terpenuhi.
Namun, segera memuaskan kebutuhan ini tidak selalu realistis atau bahkan mungkin. Jika kita diperintah seluruhnya oleh prinsip kesenangan, kita mungkin menemukan diri kita meraih hal-hal yang kita inginkan dari tangan orang lain untuk memuaskan keinginan kita sendiri. Perilaku semacam ini akan baik mengganggu dan sosial tidak dapat diterima. Menurut Freud, id mencoba untuk menyelesaikan ketegangan yang diciptakan oleh prinsip kesenangan melalui proses utama, yang melibatkan pembentukan citra mental dari objek yang diinginkan sebagai cara untuk memuaskan kebutuhan.
2.   Ego
Ego adalah komponen kepribadian yang bertanggung jawab untuk menangani dengan realitas. Menurut Freud, ego berkembang dari id dan memastikan bahwa dorongan dari id dapat dinyatakan dalam cara yang dapat diterima di dunia nyata. Fungsi ego baik di pikiran sadar, prasadar, dan tidak sadar.
Ego bekerja berdasarkan prinsip realitas, yang berusaha untuk memuaskan keinginan id dengan cara-cara yang realistis dan sosial yang sesuai. Prinsip realitas beratnya biaya dan manfaat dari suatu tindakan sebelum memutuskan untuk bertindak atas atau meninggalkan impuls. Dalam banyak kasus, impuls id itu dapat dipenuhi melalui proses menunda kepuasan – ego pada akhirnya akan memungkinkan perilaku, tetapi hanya dalam waktu yang tepat dan tempat.
Ego juga pelepasan ketegangan yang diciptakan oleh impuls yang tidak terpenuhi melalui proses sekunder, di mana ego mencoba untuk menemukan objek di dunia nyata yang cocok dengan gambaran mental yang diciptakan oleh proses primer id’s.
3.   Superego
Komponen terakhir untuk mengembangkan kepribadian adalah superego. superego adalah aspek kepribadian yang menampung semua standar internalisasi moral dan cita-cita yang kita peroleh dari kedua orang tua dan masyarakat – kami rasa benar dan salah. Superego memberikan pedoman untuk membuat penilaian.
Ada dua bagian superego:
Yang ideal ego mencakup aturan dan standar untuk perilaku yang baik. Perilaku ini termasuk orang yang disetujui oleh figur otoritas orang tua dan lainnya. Mematuhi aturan-aturan ini menyebabkan perasaan kebanggaan, nilai dan prestasi.
Hati nurani mencakup informasi tentang hal-hal yang dianggap buruk oleh orang tua dan masyarakat. Perilaku ini sering dilarang dan menyebabkan buruk, konsekuensi atau hukuman perasaan bersalah dan penyesalan. Superego bertindak untuk menyempurnakan dan membudayakan perilaku kita. Ia bekerja untuk menekan semua yang tidak dapat diterima mendesak dari id dan perjuangan untuk membuat tindakan ego atas standar idealis lebih karena pada prinsip-prinsip realistis. Superego hadir dalam sadar, prasadar dan tidak sadar.
Interaksi dari Ego, Id dan superego
Dengan kekuatan bersaing begitu banyak, mudah untuk melihat bagaimana konflik mungkin timbul antara ego, id dan superego. Freud menggunakan kekuatan ego istilah untuk merujuk kepada kemampuan ego berfungsi meskipun kekuatan-kekuatan duel. Seseorang dengan kekuatan ego yang baik dapat secara efektif mengelola tekanan ini, sedangkan mereka dengan kekuatan ego terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menjadi terlalu keras hati atau terlalu mengganggu.
Menurut Freud, kunci kepribadian yang sehat adalah keseimbangan antara id, ego, dan superego.

Penyebab Munculnya Rendah Diri

Penyebab perasaan rendah diri sangatlah beraneka ragam. Bisa jadi berasal dari masa kanak-kanak yang kurang menyenangkan, dari pengalaman pahit yang diperoleh dalam pergaulan, dapat juga berasal dari sikap orang tua yang kurang bijaksana dalam mendidik, atau mungkin juga karena keadaan tubuh atau fisiknya yang tidak / kurang sempurna misalnya : terlalu pendek, terlalu gemuk dan sebagainya.
Perasaan rendah diri ini dapat diatasi, asal mau berusaha. Untuk itu resep yang paling mujarab adalah melenyapkannya dan dengan keyakinan penuh membangun kepercayaan diri. Tanpa kemauan yang kuat untuk mencobanya maka rendah diri akan selalu menghantuimu.
Untuk membangun dan membina perasaan percaya dan keyakinan terhadap diri sendiri, dapatlah dicoba dengan menyarankan pada diri sendiri bahwa kita yaki dan percaya kepada sendiri, dan ini dapat diperoleh dengan menyerahkan keyakinan seyakin-yakinnya kepada hati kita Yakinlah terus bahwa kita mempercayai diri sendiri, karena setiap orang memiliki ciri dan kemampuan pribadi.
Keyakinan ini harus selalu ditumbuhkan terus menerus membangun kepercayaan pada diri sendiri, terutama mengedepankan kekuatan berpikir positif. Jika sebelum melakukan suatu tindakan atau pekerjaan sudah membayangkan bahwa mungkin saya akan gagal, maka kemungkinan akan gagal sungguh-sungguh diambang pintu. Akan tetapi sebaliknya jika memiliki keyakinan bahwa akan berhasil dan hasrus berhasil, maka kemungkinan berhasil lebih besar. Tentu saja keyakinan ini harus disertai dengan usaha. Karena keyakinan tanpa usaha adalah percuma, sebaliknya usaha sekuat tenaga tanpa keyakinan adalah sia-sia.
Seandainya kalian merasa gagal dan hilang rasa kepercayaan pada kemampuan diri untuk mencapai apa yang dicita-citakan, maka renungkanlan dan tulis pada sehelai kertas dan susun suatu daftar. Bukan daftar faktor-faktor yang merugikan kita, melainkan faktor-faktor ang menguntungkan. Kemudian yakini bahwa nilai-nilai tersebut dapat membantu kembali rasa percaya diri.
Perasaan-perasaan kepercayaan tergantung pada macam pikiran yang biasanya memenuhi batin kita. Kalau kita mengingat-ingat kegagalan, maka kegagalan yang menghadang kita. Bukan kegagalan yang harus diingat, tetapi sebab-sebab yang menjadikan tidak berhasi, dan memikirkan usaha untuk mengatasinya. Akan tetapi jika kita mengingat-ingat akan kepercayaan terhadap diri sendiri dan terus mengingatnya, maka kita akan membangun kemampuan yang besar yang dapat membawa kepada keberhasilan.
Sekali lagi kunci keberhasilan adalah mengisi batin dengan kepercayaan, keyakinan dan kepastian. Pikiran-pikiran positif tersebut akan mengusir atau menghilangkan pikiran ragu-ragu dan pikiran ketidak percayaan diri serta melenyapkan rasa rendah diri. demikian eprian menjelaskan semoga bermanfaat untuk semua......

ilmu reproduksi

Tips cara membuat anak ini adalah pengetahuan serta kemampuan dasar yang sangat penting untuk pasangan dari ikatan suci pernikahan agar menghasilkan keturunan atau anak yang dibutuhkan. Untuk membuat anak garis besarnya adalah sel telur yang ada di dalam tubuh ibu atau wanita dibuahi oleh sel sperma ayah atau pria.

Syarat Terjadinya Pembuahan Sederhana Pada Manusia :
- Perempuan Dalam Masa Subur Dan Normal
- Laki-Laki Dalam Masa Subur, Normal Dan Tidak Impoten
- Aktivitas / Kegiatan Pembuahan Sel Telur Yang Baik

Kegiatan pembuahan dilakukan dengan memasukkan alat kelamin jantan ke dalam alat kelamin betina untuk merangsang keluarnya cairan sperma (air mani jantan) yang nantinya akan masuk ke dalam rahim betina. Posisi hubungan intim (hubungan seks) yang baik untuk pembuahan adalah posisi laki-laki di atas dan wanita di bawah sama-sama tiduran. Sperma yang masuk dibiarkan selama 15 menit untuk masuk ke rahim.

Setelah terjadi pembuahan sel telur ibu oleh sel sperma ayah yang mungkin berlangsung selama beberapa hari, si ibu akan hamil kurang lebih selama sembilan / 9 bulan dan kemudian akan melahirkan anak yang sehat jika semua berjalan normal.


Cara Membuat Anak Laki-laki Atau Perempuan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa konsep dasar terjadinya pembuahan adalah bertemunya sel telur dan sel sperma (ini sudah pasti), bagaimanapun caranya. Oleh karenanya kita harus tau dulu karakteristik sel telur & sel sperma. Keduanya punya kromosom. XX untuk sel telur dan XY untuk sperma.

X sifatnya : bergerak lambat, waktu hidup lebih tahan/ tahan lama, bersifat basa,
Y sifatnya : bergerak cepat, waktu hidup sebentar/ cepat mati, bersifat asam..

Nah lelaki mempunyai kromosom XY dengan suasana asam didalam akrosomnya (zat di ujung sperma). Sedangkan wanita mempunyai kromosom XX dengan suasana rahim adalah basa.

Nah, kalau basa + asam menyatu apa yang terjadi?? NETRAL, artinya asam kalah artinya kromosom Y yang dibawa sperma akan mati. Mudahnya begini, yang ingin "dimenangkan" apa dulu, X apa Y?

Setelah itu yang paling penting sebenernya adalah timing masa subur, perhitungannya adalah masa subur dibagi 2 plus minus 3 hari. Misalkan dalam 30 hari, menstruasinya selama 6 hari mulai tanggal 24-30, sehingga puncak masa suburnya adalah tgl 12. Masa subur terbaik adalah tgl 9-12 dan 12-15, kenapa?? Karena pada saat itu, ovum telah melalui proses pematangan. Sebelum proses peluruhan yaitu tanggal 16 dst sehingga, kalau pengen punya anak ya di tanggal-tanggal tersebut.

Kesimpulan:
Bagi yang ingin punya anak laki-laki
1. Y harus menang dalam pertempuran mencapai ovum, ini mutlak. sehingga, ovum harus siap terlebih dulu agar bisa ditembus oleh akrosom sperma. Dalam tempo yangg singkat pemenang lomba lari adalah Y karena X larinya lambat :)

2. Rahim harus bersuasana asam..minimal dikurangi tingkat ke-basa-annya..agar sesuai dengan sperma dan tidak membunuh kromosom Y

3. Wanita harus keluar lebih dulu/orgasme (terserah caranya..saya tidak akan bicara posisi)

4. Makanan juga ada pengaruhnya lho, daging telur dll..

5. Waktu paling tepat (berdasar teori adalah tanggal 12-15) karena tanggal 12 telur sudah matang

Bagi yang ingin punya anak Perempuan
1. X harus menang, intinya ovum jangan matang dulu, sehingga sperma harus "nunggu" diluar ovum. Selama masa menunggu yang duluan mati adalah kromosom Y..sehingga X menang walau lambat tapi pasti.(enak tenan ya si X ??)

2. Rahim suasana basa juga tidak apa, sehingga secara alami kromosom Y mati duluan.(kasian)

3. Waktunya boleh gak tepat..yaitu sebelum tgl 12, kenapa?? Untuk memberikan waktu ovum matang dulu..sperma kan sudah di "waiting list"..Y pada mati.


Catatan Penting:

Jika anda belum punya anak dan ingin punya anak, maka anda harus menjaga kesuburan alat reproduksi anda dengan sebaik-baiknya. Salah satu caranya adalah tidak merokok, menjaga suhu normal alat kelamin dan melakukan pola hidup sehat. Apabila anda ingin melihat cucu da cicit maka menikahlah jangan terlalu tua, mendidik anak agar tidak menikah tua dan jaga kesehatan anda dengan pola hidup sehat serta selalu berhati-hati agar tidak meninggal dini.

Saya sangat tidak menganjurkan cara ini dipraktekkan pada pasangan bukan suami istri / pasutri yang sah menurut hukum negara dan ketentuan agama yang berlaku karena dapat mengakibatklan dampak yang amat sangat buruk. Ingat bahwa berzina adalah salah satu dari 5 dosa besar yang tidak akan diampuni Allah sebelum bertaubat. Nauzubillah...

Semuanya kembali pada Allah karena Dialah yang berhak menentukan sedang manusia hanya berusaha. Semoga bermanfaat bagi pasangan yang belum dikaruniai anak.

Minggu, 19 Desember 2010

arti blog buat aku

buka blog ku yaaa,, manfaatkan dengan baik.
jangan disalah gunakan. ternyata mudah tapi sedikit bingung, hehehe.. :)
semoga bermanfaat buat yang membutuhkan. kalau ada kritik & saran silahkan (yang bersifat m\embangun).
terimakasiiiiiih............ b

Ci… luk… BAAA!!     
cerita lucu        .. . ..              epri  baaggii untuk menghibur .... foto....   lagi asyik main bola kenciiiiiiing  sembarangan pemain bola yang aneh....  hahahaha....                                     
nggak enak tidur dirumah...          tidur           sama  kamuu.........  enaknya tidur  di  sini,,,,   hahahaha....




 
saya punya banyak saudara ..... ....    ibu  tak mau beri makan .......          kami...,,...   
hahgahhaha     ........          ups......            kapan lagi......             dapat ....  makan.....     adik sendiri...... lumayan dari pada nggak makan....  hahahahaha

ceritalucu

"Tolong saya Dok", kata Budi yang perwira militer pada dokter.

"Apa yang bisa saya bantu?", tanya dokter.

"Beberapa hari yang lalu waktu saya pulang dari kantor, saya menangkap basah istri saya sedang berselingkuh dengan lelaki lain. Lalu saya ambil pistol saya dan saya acungkan pada istri saya. Lelaki selingkuhannya berkata bahwa percuma saya membunuh istri saya karena saya akan masuk penjara dan tidak pernah lagi bisa bersama istri saya. Saya luluh, lalu ia mengajak minum kopi".

"Lalu apa masalahnya?", tanya dokter.

"Dua hari kemudian istri saya melakukan hal yang sama dengan lelaki yang sama. Saya todongkan pistol ke arah lelaki selingkuhan istri saya, tapi sekali lagi ia membujuk bahwa kalaupun ia mati, istrinya akan berselingkuh lagi dengan lelaki lainnya. Saya luluh dan ia mengajak saya minum kopi".

"Jadi apa hubungannya dengan kedatanganmu ke sini?", tanya dokter.

"Tadi saya memergoki istri saya melakukan hal yang sama lagi. Di depan mereka, saya todongkan pistol ke mulut saya, lalu lelaki itu berkata bahwa kalau saya mati akan rugi karena justru memberi peluang seluas-luasnya kepada kami untuk selalu bersama-sama. Saya luluh dan iapun mengajak saya minum kopi".

"Langsung ke pokok persoalan aja deh", kata dokter tak sabar.

"Kopi itu bisa merusak kesehatan saya nggak Dok?".

Rabu, 15 Desember 2010

Baik Buat Jantung, Baik Pula Buat Otak

INILAH.COM, Jakarta - Gaya hidup jantung sehat juga dapat mencegah penyakit Alzheimer. Studi terbaru menunjukkan bahwa meningkatkan kadar kolesterol 'baik' dapat membantu mencegah gangguan otak pada orang tua.

Penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Neurology, edisi Desember, menemukan fakta bahwa orang yang memiliki tingkat rendah high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol 'baik' memiliki risiko 60% lebih besar terkena penyakit Alzheimer setelah usia 65, daripada orang yang memiliki HDL tingkat tinggi.

Kolesterol adalah zat lilin yang terdiri dari kolesterol 'baik dan buruk' serta trigliserida dalam aliran darah. Lebih dari 50% penduduk AS memiliki kolesterol 'buruk' tingkat tinggi, menurut penelitian ini.

"Studi kami menunjukkan bahwa kolesterol baik (HDL) tinggi berkaitan dengan risiko lebih rendah untuk penyakit Alzheimer," kata Dr Christiane Reitz, penulis studi. "Cara untuk meningkatkan tingkat HDL termasuk kehilangan berat (jika kelebihan berat badan), latihan aerobik, dan diet yang sehat."

Dengan memperlakukan masalah dengan kadar kolesterol, "kita dapat menurunkan kejadian penyakit Alzheimer dalam populasi," kata Reitz.

"Beberapa obat, seperti statin, fibrate dan niasin, yang digunakan untuk menurunkan kolesterol 'buruk' juga menaikkan kolesterol 'baik'," kata Reitz, asisten profesor neurologi di Universitas Columbia Taub Institut untuk Penelitian Kasus Alzheimer, di New York City.

Lebih dari lima juta orang Amerika menderita penyakit Alzheimer, bentuk paling umum dari demensia, dan angka itu bisa naik tiga kali lipat pada 2050, menurut pejabat kesehatan.

US National Institutes of Health melaporkan bahwa sekitar 5% orang Amerika antara usia 65-74 memiliki serangan awal penyakit Alzheimer. Pada usia 85, hampir 50% dari populasi berkembang penyakit ini, menurut badan tersebut.

Pada awal Alzheimer, suatu bentuk yang jarang dari penyakit ini, dimulai pada usia menengah dan terjadi dalam keluarga. Serangan akhir Alzheimer memiliki komponen genetik dipengaruhi faktor gaya hidup, menurut badan tersebut. Tidak ada obat untuk penyakit Alzheimer, tetapi beberapa obat dapat membantu mengurangi gejala untuk sementara waktu, menurut para ahli.

"Namun, orang bisa mengurangi risiko dengan mengurangi asupan berbagai lemak dan meningkatkan lemak tak jenuh tunggal yang menjaga kolesterol 'baik' tetap tinggi dan kolesterol 'buruk' rendah," kata Reitz.

Ia mencatat bahwa minum alkohol dalam jumlah moderat juga membantu. Makanan berkadar lemak tak jenuh tunggal tinggi adalah minyak sayur, alpukat, selai kacang dan kacang-kacangan, serta mengandung banyak biji-bijian.

Sebanyak 1.130 peserta penelitian diambil sampelnya secara acak dari penerima Medicare di New York City. Para peserta disaring untuk penyakit Alzheimer, dan orang-orang dengan gejala Alzheimer dikeluarkan. Skrining untuk penelitian dimulai pada 1999 dan tindak lanjut dilakukan setiap 18 bulan sampai data dianalisis pada 2010.

Peserta juga menjalani tes pengukuran fungsi mental, seperti memori, pemrosesan bahasa, orientasi visual-spasial dan fungsi eksekutif. Fungsi Eksekutif memungkinkan orang untuk memahami instruksi dan menyelesaikan tugas yang diberikan.

Selama penelitian, 101 kasus penyakit Alzheimer berhasil diidentifikasi pada peserta dengan usia rata-rata 83 tahun.

Salah satu kelemahan dari studi ini adalah bahwa penelitian dilakukan di antara penduduk lansia dari komunitas perkotaan dengan prevalensi faktor risiko tinggi, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Temuan mungkin tidak berlaku untuk populasi kaum muda sehat.

Seorang pakar penyakit, Catherine M. Roe dari Washington University di St Louis, mengatakan hal itu sudah diketahui kolesterol 'baik' bermanfaat bagi jantung. Nmun studi ini menunjukkan "alasan tambahan untuk memastikan kita hidup dengan gaya hidup sehat."

"Hasil ini penting karena mereka berpendapat bahwa peningkatan kolesterol HDL juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer," kata Roe, asisten peneliti profesor di sekolah Knight Alzheimer's Disease Research Center.

Penelitian ini kuat karena menggunakan sampel acak besar pada orang tua, tambah Roe. Namun ia memperingatkan bahwa hasil penelitian ini perlu diduplikasi.

Namun, "karena penulis tidak menemukan efek kolesterol HDL dalam studi mereka sebelumnya, yang serupa, saya pikir kita harus berhati-hati tentang hasilnya, sampai mereka juga menunjukkan dalam sampel lainnya," kata Roe.

Selain menyantap makanan sehat, berolahraga dan kehilangan berat badan seperti yang direkomendasikan oleh Reitz, Roe mengatakan bahwa berhenti merokok bisa membantu orang meningkatkan kadar kolesterol 'baik'.

Rabu, 08 Desember 2010

istilah

1. Ekshibisionisme
Definisinya adalah seseorang mendapatkan kepuasan seksual dengan memamerkan bagian genitalnya sendiri kepada orang asing yang tidak mau melihatnya. Bagi seorang ekshibisionis, kepuasan berasal dari reaksi orang lain, yang secara keliru diduga (oleh si penderita) sebagai ekspresi kepuasan seksual.
Kepuasan seksual diperoleh penderita saat melihat reaksi terperanjat, takut, kagum, jijik, atau menjerit dari orang yang melihatnya. Kemudian hal tersebut digunakan sebagai dasar untuk fantasi masturbasi. Orgasme dicapai dengan melakukan masturbasi pada saat itu juga atau sesaat kemudian.
2. Voyeurisme
Ciri utama voyeurism (di dunia kedokteran dikenal sebagai skopofilia) adalah adanya dorongan yang tidak terkendali untuk secara diam-diam mengintip atau melihat wanita yang sedang telanjang, melepas pakaian, atau melakukan kegiatan seksual.
Penderita biasanya memperoleh kepuasan seksual dari ‘tontonan’ tersebut. Wanita yang diintip biasanya tak dia kenal. Mengintip menjadi cara eksklusif untuk mendapatkan kepuasan seksual. Anehnya, ia sama sekali tidak menginginkan berhubungan seksual dengan wanita yang diintip. Kepuasan orgasme biasanya didapat dengan cara masturbasi.
Uniknya, voyeurism sejati tidak terangsang jika melihat wanita yang tidak berpakaian di hadapannya. Mereka hanya terangsang jika mengintipnya. Dengan mengintip mereka mampu mempertahankan keunggulan seksual tanpa perlu mengalami risiko kegagalan atau penolakan dari pasangan yang nyata.
3. Frotteurisme
Menggosokkan badan atau memeluk orang lain yang tidak mau. Hal seperti itu banyak ditemukan di tempat-tempat di mana kita mau tidak mau berdesak-desakan satu sama lain, contohnya di kereta atau di bis yang penuh sesak.
4. Pedofilia
Istilah yang sering sekali kita dengar. Orang dewasa, terutama pria, yang mencari kontak fisik dan seksual dengan anak-anak prapubertas yang tidak mau berhubungan dengan mereka.
Sekitar dua pertiga korban kelainan ini adalah anak-anak berusia 8 – 11 tahun. Kebanyakan paedofilia menjangkiti pria, namun ada pula kasus wanita berhubungan seks secara berulang dengan anak-anak. Kebanyakan kaum paedofil mengenali korbannya, misalnya saudara, tetangga, atau kenalan. Kaum paedofil dikategorikan dalam tiga golongan yakni di atas 50 tahun, 20-an hingga 30 tahun, dan para remaja. Seremnya lagi, sebagian besar mereka adalah para heteroseksual dan kebanyakan sudah menjadi ayah.
5. Sadomasokisme
Sadisme seksual dan masokisme. Sadisme – mengambil nama dari Marquis de Sade (1740-1814) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kenikmatan atau rangsangan seksual yang diperoleh dengan menimbulkan nyeri atau menyiksa pasangannya. Semakin sakit, semakin terangsang.
Masokisme – nama pengarang terkenal lain tentang eksploitasi seksual, Leopold von Sacher-Masoch (1836-1895) menggambarkan keinginan untuk mendapatkan nyeri dan kenikmatan seksual dari siksaan atau hinaan (secara fisik atau verbal).
Penderita sadistik mendapatkan kepuasan seksual dari menimbulkan rasa sakit dan/atau hinaan, sedangkan masokistik mendapatkan kepuasan seksual dari menerima rasa sakit dan/atau hinaan. Aktivitas seksual sadomasokistik ditandai oleh teknik yang melibatkan dominasi dan penyerahan ekstrim dan dengan memberi dan menerima siksaan. Sebagian besar penderita adalah wanita. Disebut sadomasokistik karena pelakunya memiliki sisi sadistik dan masokistik dari kepribadian mereka. Tetapi, walaupun banyak yang bertukar peran, masokistik lebih banyak dari sadistik.
6. Fetishisme
Fetishisme adalah ketergantungan pada suatu bagian tubuh atau suatu benda (yang dinamakan fetish) untuk mendapatkan rangsangan dan kepuasan seksual. Penderitanya menjadi terangsang dengan bagian tubuh (misalnya bokong) atau suatu benda (biasanya pakaian dalam) yang bagi sebagian besar orang hanya merupakan stimuli. Benda itu mungkin dapat menjadi dasar fantasi atau membantu percintaan tetapi bukan menjadi pengganti aktivitas seksual yang lebih konvensional. Secara umum fetishist adalah orang yang tidak mampu menikmati seks tanpa adanya sebuah fetish. Fetish mungkin bagian tubuh (seperti bokong, misalnya), benda mati (seperti sepasang sepatu), atau bahan (seperti karet). Pada kasus ekstrim, objek fetish menjadi pengganti pasangan manusia yang nyata.
7. Skatologia telepon
Bisa diartikan sebagai melakukan hubungan telepon yang cabul dengan orang lain yang tidak menginginkannya.
8. Transvestisme
Transvestisme juga dikenal sebagai berpakaian lawan jenis (cross-dressing). Bagi sebagian pria, transvestisme merupakan suatu aktivitas seksual di mana kepuasan emosional dan fisik diperoleh dari menggunakan pakaian wanita. Salah besar jika menganggap transvestisme adalah homoseksual. Sebagian besar adalah heteroseksual dengan kehidupan seks yang cukup konvensional dan banyak yang menikah serta memiliki anak.
Pola pakaian lawan jenis cukup bervariasi. Sebagian transvestist menolak pakaian pria sama sekali dan menggunakan pakaian wanita sepanjang waktu. Sebagian lagi hanya menggunakan pakaian wanita kadang-kadang saja atau sering kali, sedangkan yang lain hanya memilih satu jenis pakaian saja. Sebagian penderita transvestisme memiliki kepribadian ganda –satu pria dan satu wanita– dan berpakaian lawan jenis untuk mengekspresikan kepribadian wanitanya sementara pada dasarnya adalah maskulin.
Biasanya kelainan ini bermula sejak anak-anak atau remaja. Seperangkat pakaian yang disukai dapat menjadi benda yang merangsang nafsu seksualnya. Awalnya dipakai pada saat masturbasi, kemudian saat persetubuhan. Yang dikenakan mula-mula hanya terbatas cross-dressing parsial (hanya mengenakan BH dan celana dalam), lama-kelamaan mengenakan pakaian wanita lengkap, cross-dressing total. Yang terakhir dilakukan ketika si penderita mulai merasa mampu berdikari, sekitar masa remaja sampai dewasa muda. Frekuensi kejadiannya makin lama makin meningkat dan akhirnya menjadi kebiasaan.
Seiring dengan bertambahnya usia, kecenderungan untuk mendapatkan kepuasan seksual melalui cara ini dapat berkurang atau bahkan hilang. Walaupun ada kalanya sejumlah kecil transvestit muncul pada usia lebih lanjut, yang menghendaki mengenakan pakaian wanita dan hidup sebagai wanita secara tetap.
Dalam kasus terakhir ini transvestisme berubah menjadi transeksualisme; penderita ingin berganti kelamin, menjadi seperti lawan jenis, dan tidak lagi mendapat kepuasan seksual hanya dengan cross-dressing.
9. Satiriasis
Juga dikenal sebagai Don Juanisme atau adiksi seksual. Kondisi ini adalah ekuivalen pria dari nimfomania, suatu gangguan psikologis di mana pria didominasi oleh keinginan yang tidak henti-hentinya untuk melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan yang berbeda. Kadang-kadang diduga disebabkan oleh narsikisme yang kuat dan perasaan perlunya kontrol dari perasaan inferior melalui keberhasilan seksual. Jenis penyimpangan ini sangat berisiko untuk tertular penyakit kelamin dan HIV/AIDS.
10. Perilaku seksual kompulsif
Adalah pengulangan tindakan erotik tanpa kenikmatan. Kompulsi seksual ini bisa berupa telepon seks yang tanpa akhir, one-night stand (affair singkat), atau masturbasi beberapa kali dalam sehari, penderitanya seringkali mengaku merasa “tidak terkendali” sebelum aktivitas dan merasa bersalah atau malu setelahnya. Apapun kepuasan seksual yang didapatnya, tindakan tersebut adalah dangkal dan hambar.
Pencarian kepuasan seksual yang mereka lakukan bersifat kompulsif, kadang-kadang ritualistik. Mereka merasa tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri selama pencarian, dan setelahnya merasa putus asa, malu, dan membenci diri sendiri. Tetapi satu-satunya cara untuk dapat lolos dari perasaan negatif itu adalah melalui pengulangan pencarian kepuasan seksual yang untuk sementara mematikan atau menumpulkan perasaan malu. Dengan demikian tercipta lingkaran setan yang tidak ada hentinya.
11. Incest
Hubungan seksual antara kerabat dekat di mana perkawinan di antara mereka ditentang oleh hukum. Incest merupakan tabu sosial yang besar, bahkan bisa merusak keturunan.

Rabu, 01 Desember 2010

INDONESIA LUMAT MALAYSIA

Rajagopal: Kami Banyak Bikin Salah!
Kamis, 02 Desember 2010 | 09:48 WIB
Ferril Dennys
Pelatih Timnas Malaysia, K. Rajagopal
TERKAIT

* Riedl Tak Menyangka Bisa Menang Besar
* Gonzales: Golku untuk Suporter
* Main Gemilang, Irfan Dipuji Sang Pacar
* Lawan Indonesia, Malaysia Tanpa Beban
* Malaysia Kecewa dengan Permainan Timnas U-23 Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Malaysia K Rajagopal, menilai timnya banyak melakukan kesalahan yang berujung pada kekalahan telak 1-5 dari tuan rumah Indonesia pada babak penyisihan grup A Piala AFF, Rabu (1/12/2010) malam kemarin.

Kekecewaan Rajagopal cukup beralasan mengingat "Harimau Malaka" mampu unggul terlebih dulu lewat gol yang dicetak Norshahrul Idlan bin Talaha pada menit ke-18. Namun setelah itu, Malaysia tidak bisa berbuat banyak setelah gawang Malaysia diberondong lima gol.

"Padahal, kami memulai pertandingan dengan baik dan bahkan sempat mencuri satu gol. Namun, kami melakukan kesalahan dan terjadi gol balasan. Saya sangat tak pernah berpikir bisa kalah 1-5," jelas Rajagopal.

"Kami tidak fokus dalam bertahan. Sementara, Indonesia bermain tenang dalam menciptakan serangan. Pertandingan ini bukan gambaran sesungguhnya tim Malaysia. Kami akan bermain lebih baik dalam laga selanjutnya," lanjutnya.

Rajagopal menampik kekalahan timnya disebabkan banyak pemainnya yang cedera dan tekanan dari suporter Indonesia. "Pemain cedera tidak boleh dijadikan alasan. Atmosfer penonton tak berpengaruh. Tekanan yang dibuat penonton tak ada yang mengganggu karena kami menghormati satu sama lain," jawabnya.

shio ular

shio ular :

1905 | 1917 | 1929 | 1941 | 1953 | 1965 | 1977 | 1989 | 2001 | 2013

Filsuf, ahli teologi, kampiun politik dan ahli moneter yang kesohor -- itulah jabatan-jabatan yang cocok bagi Ular, yang memang merupakan pemikir yang paling dalam dan paling misterius dari semua siklus perbintangan Cina. Ia dikaruniai kebijaksanaan lahiriah, dan ia sendiri tidak jarang tampak di mata orang sebagai mistik. Pribadi yang anggun dan lemah-lembut dalam berbicara ini, mencintai buku-buku mermutu, makanan lezat, musik merdu dan teater sekaligus. Pendeknya, Ular cenderung menyukai semua yang halus dan indah dalam kehidupan.

Orang di bawah shio ini biasanya mengandalkan penilainnya sendiri dan tak bisa berkomunikasi baik dengan yang lainnya. Ia bisa menjadi sedemikian relijius atau menyenangi hal-hal yang berbau kejiwaan, namun bisa juga memuja paham kehidupan yang mencari kesengan diniawi semata. Jalan manapun yang dipilihnya, ia akan selalu mempercayai perasaannya sendiri daripada nasihat-nasihat dari luar.

Seperti Naga, Ular adalah tanda yang sangat berkaitan dengan hukum Karma. Kehidupannya dapat berakhir dengan kemenangan atau tragedi, tergantung pada apa yang diperbuatnya pada masa lampau. Dan walaupun seringkali menyangkal, Ular memang masih percaya pada takhyul di balik penampilannya yang intelek. Orang yang lahir di bawah shio lain bisa saja menunda iurannya bagi kehidupan di akhirat, namun tampaknya Ular justru bertekad buat membayar hutang-piutangnya sebelum meninggalkan dunia ini. Mungkin juga ini merupakan pilihannya, sebab orang yang lahir di bawah shio ini biasanya memiliki pribadi yang intens dan sepertinya mereka selalu terdorong (baik secara sadar maupun tidak) untuk merampungkan masalah lama yang dirasakannya belum selasai.

Warga Ular biasanya tak mendapat gangguan dalam masalah keuangan. Ia beruntung mempunyai apa yang diperlukannya. Andaikata dananya rendah, Ular pasti akan mampu memulihkan situasinya. Tetapi bagaimanapun, warga Ular sebiaknya jangan berjudi, sebab pada akhirnya ia malah akan lebih melarat. Seandainya terjadi hal yang membuatnya rugi besar, mungkin kejadiannya hanya akan berlangsung sekali saja, sebab Ular biasanya cepat memahami kesalahannya. Ia dapat memulihkan dan mengejar kekeliruannya dengan kecepatan yang mengagumkan, sebab dalam hal bisnis ia cenderung bijaksana dan lihai.

Orang yang lahir di bahwa shio ini sering anggun dalam berbicara, berpakaian dan bertingkah laku, dan mereka jarang menyenangi pembicaraan yang remeh dan tak ada gunanya. Ular bisa saja dermawan, namun juga terkenal kejam kalau sedang berusaha mencapai kepentingannya sendiri. Ia tak ragu-ragu buat melenyapkan siapa saja yang menghalangi jalannya.

Dalam menjalin hubungan dengan yang lain, Ular cenderung posesif dan suka menuntut. Namun pada saat yang bersamaan, ia cenderung tidak percaya pada rekan-rekannya. Ia takkan pernah memaafkan siapa saja yang melanggar janjinya. Bahkan, bisa saja syaraf atau daya khayalnya terganggu akan hal yang bukan-bukan apabila ketakutan dan kecurigaannya sedang memuncak.

Jika amarahnya terpancing, kebenciaan Ular tak terbayangkan. Cara perlawanannya adalah dengan menutup mulut dan menyimpannya di dalam hati. Citra ketidak-senangannya adalah lewat sikap bermusuhan yang dingin dan bukannya lewat rentetan kata-kata pedas. Tipe yang lebih mematikan bahkan sanggup menghancurkan musuhnya secara total. Tak ada yang dapat meramalkan gerakan Ular. Otaknya bagai mesin hitung dan ia sendiri memiliki kesabaran yang luar biasa dalam menunggu saat yang baik buat membalas dendam.

BEHAVIORISTIK : THORNDIKE AND SKINNER

KONSEP TEORITIS UTAMA
Koneksionisme
Thorndike menyebut asosiasi antara kesan indrawi dan impuls dengan tindakan sebagai ikatan / kaitan atau koneksi. ndekatan Thorndike cukup berbeda dan dapat dianggap sebagai teori belajar modern pertama. Penekanannya pada aspek fungsional dan perilaku yang dipengaruhi oleh Darwin. Teori Thorndike bisa dipahami sebagai kombinasi dari asosiasionisme, darwinisme dan metode ilmiah.
Pemilihan dan Pengaitan
Menurut Thorndike bentuk paling dasar dari proses belajar adalah trial-and-error learning (belajar dengan uji coba) atau yang disebut sebagai selecting and connecting (pemilihan dan pengaitan).Thorndike menyebut waktu yang dibutuhkan hewan untuk memecahkan masalah sebagai fungsi dari jumlah kesempatan adalah usaha coba-coba dan upaya percobaan berhenti saat si hewan mendapatkan solusi yang benar.
Belajar adalah Inkremental, Bukan Langsung ke Pengertian Mendalam (insighful)
Thorndike menyimpulkan bahwa belajar bersifat incremental (incremental/bertahap), bukan insightful (langsung ke pengertian). Dengan kata lain, belajar dilakukan dalam langkah-langkah kecil yang sistematis, bukan langsung melompat ke pengertian mendalam.
Belajar Tidak Dimediasi oleh Ide
Berdasarkan risetnya, Thorndike (1898) juga menyimpulkan bahwa belajar adalah bersifat langsung dan tidak dimediasi oleh pemikiran atau penalaran. Jadi Thorndike menolak campur tangan nalar dalam belajar dan ia lebih mendukung tindakan seleksi langsung dan pengaitan dalam belajar.
Semua Mamalia Belajar dengan Cara yang Sama
Banyak orang yang terganggu oleh pandangan Thorndike bahwa semua proses belajar adalah langsung dan tidak dimediasi ole ide-ide dan juga terutama karena dia juga menegaskan bahwa proses belajar semua mamalia, termasuk manusia, mengikuti kaidah yang sama.
THORNDIKE SEBELUM 1930
Hukum Kesiapan
Law of readiness (hokum kesiapan) yang dikemukakan dalam bukunya yang berjudul the original nature of man, mengandung tiga bagian yang diringkas sebagai berikut :
Apabila satu unit konduksi siap menyalurkan (to conduct), maka penyaluran dengannya akan memuaskan
Apabila satu unit konduksi siap untuk menyalurkan, maka tidak menyalurkannya akan menjengkelkan.
Apabila satu unit konduksi belum siap untuk penyaluran dan dipaksa untuk menyalurkan, maka penyaluran dengannya akan menjengkelkan.
“unit konduksi yang siap menyalurkan” adalah kesiapan untuk bertindak. Dengan menggunakan terminology kontemporer kita bisa menyatakan ulang hukum kesiapan Thorndike sebagai berikut:
Ketika seseorang siap untuk melakukan suatu tindakan, maka melakukannya akan memuaskan
Ketika seseorang siap untuk melakukan suatu tindakan, maka tidak melakukannya akan menjengkelkan
Ketika seseorang belum siap melakukan suatu tindakan tetapi dipaksa melakukannya, maka melakukannya akan menjengkelkan.
Hukum Latihan
Teori Thorndike mencakup hukum law of exercise (hukum latihan), yang terdiri dari dua bagian:
Koneksi antara stimulus dan respons akan menguat saat keduanya dipakai. Bagian dari hukum latihan ini dinamakan law of use (hukum penggunaan)
Koneksi antara situasi dan respon akan melemah apabila praktik hubungan dihentikan atau jika ikatan neural tidak dipakai. Bagian dari hukum latihan ini dinamakan law of disuse (hukum ketidakgunaan).
Hukum Efek
Law of effect (hukum efek), adalah penguatan atau pelemahan dari suatu koneksi antara stimulus dan respon sebagai akibat dari respon. Jika suatu respon diikuti dengan satisfying state of affairs (keadaan yang memuaskan), kekuatan koneksi itu akan bertambah. Jika respon diikuti dengan annoying state of affairs (keadaan yang menjengkelkan), kekuatan koneksi itu menurun.
KONSEP SEKUNDER SEBELUM 1930
Respon Berganda
Multiple response, atau respon yang bervariasi, menurut Thorndike adalah langkah pertama dalam semua proses belajar. Respon ini mengacu pada fakta bahwa jika respon pertama kita tidak memecahkan masalah maka kita akan mencoba respon lain.
Set atau Sikap
Disposisi, prapenyesuaian atau sets(attitude)(sikap), merupakan pengakuannya akan pentingnya apa-apa yang dibawa oleh pembelajar ke dalam situasi belajar.
Prapotensi Elemen
Prepotency of elements (prapotensi elemen) adalah apa yang oleh Thorndike dinamakan “aktifitas parsial dari suatu situasi”.
Respon dengan Analogi
Response by analogy (respon dengan analogi) , yaitu merespon dengan cara seperti ketika kita merespon situasi yang terkait (mirip) yang pernah kita jumpai. Jumlah transfer of training (transfer training) antara situasi yang kita kenal ditentukan dengan jumlah elemen yang sama di dalam kedua situasi ini. Inilah identical elements theory transfer of training dari Thorndike.
Dengan teori transfer ini Thorndike menentang pandangan lama mengenai transfer yang didasarkan pada doktrin formal discipline (disiplin normal).
Pergeseran Asosiatif
Assosiative shifting (pergeseran asosiatif) terkait erat dengan teori Thorndike tentang elemen identik dalam training transfer. Prosedur untuk menunjukkan pergeseran asosiatif dimulai dengan koneksi antara satu situasi tertentu dan satu respon tertentu.
THORNDIKE PASCA 1930
Revisi Hukum Latihan /Penggunaan
Thorndike secara esensial menarik kembali hukum penggunaan atau latihan. Penghentian repetisi ternyata tidak melemahkan koneksi dalam periode yang cukup panjang.
Revisi Hukum Efek
Separuh hukum efek yang benar itu adalah bahwa sebuah respon yang diikuti oleh keadaan yang memuaskan akan diperkuat.sedangkan untuk separuh lainnya, Thorndike menemukan bahwa menghukum suatu respon ternyata tidak ada efeknya terhadap kekuatan koneksi. Revisi hukum efek menyatakan bahwa penguatan akan meningkatkan strength of connection (kekuatan koneksi), sedangkan hukuman tidak memberikan pengaruh apa-apa terhadap kekuatan koneksi.
Belongingness
Sesuatu yang beroperasi selain kontinguitas disebut belongingness yang artinya sifat-sifat suatu item yang dalam kasus ini subjek dan kata kerja, yang erat hubungannya dengan atau menjadi bagian integral dari item yang lain.
Penyebaran Efek
Konsep teoritis lainnya yang disebut sebagai spread of effect (penyebaran efek). Selama eksperimennya secara tak sengaja menemukan bahwa keadaan yang memuaskan tidak hanya menambah probabilitas terulangnya respon yang menghasilkan keadaan yang memuaskan tersebut tetapi juga meningkatkan probabilitas terulangnya respon yang mengitari respon yang memperkuat itu.
ILMU PENGETAHUAN DAN NILAI MANUSIA
Thorndike dikritik kerena ia mengasumsikan determinisme dalam studi perilaku manusia. Para pengkritik mengatakan bahwa mereduksi perilaku manusia menjadi reaksi otomatis terhadap lingkungan akan menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan. Thorndike adalah manusia penuh warna yang mengekspresikan opininya tentang berbagai macam topik.
PENDIDIKAN MENURUT THORNDIKE
Thorndike percaya bahwa praktik pendidikan harus dipelajari secara ilmiah. Menurutnya ada hubungan erat antara pengetahuan proses belajar dengan praktik pengajaran. Tujuh aturan Thorndike adalah :
1. Perhatikan situasi yang dihadapi murid
Pertimbangkan respon yang ingin anda kaitkan dengan situasi itu
Jalin ikatan, jangan berharap jalinan itu terbentuk secara ajaib
Jika hal-hal lain tidak berubah, jangan jalin ikatan yang nanti harus diputuskan lagi
Jika hal-hal lain tidak berubah, jangan menjalin dua atau tiga ikatan apabila satu saja sudah cukup
Jika hal-hal lain tidak berubah, bentuklah ikatan dengan cara yang membuat mereka mesti bertindak
Karenanya dukunglah situasi yang ditawarkan oleh kehidupan itu sendiri dan dukunglah respon yang dituntut oleh kehidupan itu.
EVALUASI TEORI THORNDIKE
Kontribusi
Karta rintisan Thorndike member alternative tersendiri untuk mengkonseptualisasikan belajar dan perilaku dan member pendekatan yang jauh berbeda. Dia menemukan dan mengembangkan fenomena belajar trial-and error dan transfer training. Dengan hukum efeknya, Thorndike adalah orang yang pertama yang mengamati, dalam kondisi yang terkontrol, bahwa konsekuensi dari perilaku akan menghasilkan efek terhadap kekuatan perilaku.
Kritik
berkaitan dengan defenisi unsure pemuas (satifier) dalam hukum efek.
berkaitan dengan hukum efek adalah soal defenisi yang terlalu mekanistik atas teori belajar, bahwa argument Thorndike bersifat sirkular (berputar-putar), jika probabilitas respon meningkat, itu dikatakan karena adanya keadaan yang memuaskan, jika tidak meningkat itu dikatakan karena tidak ada unsur pemuas. Penjelasan teori semacam ini dianggap tidak memungkinkan untuk di uji karena kejadian yang sama dipakai untuk mendeteksi baik itu proses belajar maupun keadaan yang memuaskan.
BURRHUS FREDERIC SKINNER
Skinner (1904-1990) lahir di Susquehanna, Pennsyvania. Dia meraih gelar master pada 1930 dan Ph. D pada 1931 dari Harvard University. Gelar B.A diperoleh dari Hamilton College, New York dan mengambil sastra inggris. Selama bertahun-tahun Skinner adalah penulis yang prolific. Salah satu perhatian utamanya adalah menghubungkan temuan laboratoriumnya dengan solusi problem manusia. Karyanya memicu perkebangan mesin pengajaran dan belajar terprogram.
KONSEP TEORITIS UTAMA
Behaviorisme Radikal
Skinner mengadopsi dan mengembangkan filsafat ilmiah yang dikenal sebagai radical behaviorism. Orientasi ilmiah ini menolak bahasa ilmiah dan interpretasi ilmiah yang mengacu pada mentalistic event.
Perilaku Responden dan Operan
Skinner membedakan dua jenis perilaku :
1. Respon yang tidak terkondisikan(unconditioned respon) adalah contoh perilaku responden karena respon ini ditimbulkan oleh stimulus yang tidak terkondisikan. Contoh perilakunya seperti semua gerak reflex seperti manarik tangan ketika tertusuk jarum, menutup kelopak mata saat terkena cahaya yang menyilaukan.
2. Perilaku operant pada awalnya tidak berkorelasi dengan stimuli yang dikenali maka ia tampak spontan. Contoh nya hendak bersiul, berdiri lalu berjalan, atau anak meninggalkan mainan dan beralih ke mainan lainnya.
Pengkondisian tipe S dan tipe R
Ada dua jenis pengkondisian :
Pengkondisian tipe S juga dinamakan respondent conditioning dan identik dengan pegkondisian klasik. Ia disebut pengkondisian tipe S karena menekankan arti pentingnya stimulus dalam memberikan respon yang diinginkan. Kekuatan pengkosisiannya berdasarkan besaran dari respon yang terkondisikan
Pengkondisian tipe R yang menyangkut perilaku operan karena penekanannya adalah pada respon. Pengkondisian tipe R juga dinamakan operant conditioning. Pengkondisiannya ditunjukkand engan tingkan respon.
Prinsip Pengkondisian Operan
Setiap repon yang diikuti dengan stimulus penguat akan diulang.
Stimulus penguat adalah segala sesuatu yang memperbesar rata-rata terjadinya respons operan.
Dalam pengkondisian operan, penekanannya adalah pada perilaku dan pada konsekuensinya; dengan pengkondisian operan, organisme pasti merespons dengan cara tertentu untuk memproduksi stimulus yang menguatkan (contingent reinforcement).
Kotak Skinner
Tempat percobaan binatang Skinner. Kotak Skinner menggunakan lantai berkisi-kisi, cahaya, tuas, dan cangkir makanan. Ketika hewan menekan tuas, mekanisme pemberi makan akan aktif dan secuil makanan akan jatuh ke cangkir makanan.
Pencatatan Kumulatif
Skinner menggunakan cumulative recording untuk mencatat perilaku hewan dalam kotak Skinner.
Pengkondisian Respons Penekanan – Tuas
Deprivasi, adalah perangkat prosedur yang dihubungkan dengan bagaimana suatu organisme melakukan tugas tertentu.
Magazine Training. Eksperimenter menggunakan tombol eksternal dan secara periodic menarik mekanisme pemberian makanan dan memastikan hewan itu tidak dekat-dekat dengan cangkir makanan saat eksperimenter menekan tombol. Ketika mekanisme pemberi makanan diaktifkan dengan tombol eksternal itu, akan menghasilkan bunyi klik sebelum makanan jatuh ke cangkir makanan. Pelan-pelan hewan akan mengasosiasikan suara klik dari magazine itu dengan adanya makanan.
Penekanan tuas. Hewan tersebut dibiarkan sendiri dalam kotak, kemudian hewan itu akan menekan tuas yang mengaktifkan magazine makanan, menimbulkan bunyi klik dan member sinyal hewan untuk mendekati cangkir makanan
Shapping
Pendekatan lain untuk pengkondisian operan yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Memicu mekanisme hanya ketika hewan berada di satu bagian dalam kotak Skinner yang terdapat tuas.
Shapping terdiri dari dua komponen, yaitu :
Differential reinforcement : sebagian respon diperkuat dan sebagian lainnya tidak.
Successive approxiamation : hanya respon-respon yang semakin sama dengan yang diinginkan oleh eksperimenter lah yang akan diperkuat.
Extinction
Extinction atau pelenyapan adalah ketika kita mencabut penguat dari situasi pengkondisian operan. Dalam hal ini mekanisme pemberi makanan mendadak dihentikan.
Spontaneous Recovery
Apabila hewan dikembalikan ke sarangnya selama periode waktu tertentu dan kemudian dikembalikan ke situasi percobaan, ia sekali lagi akan memulai menekan tuas dengan segera tanpa perlu dilatih lagi.
Operan Diskriminatif
Merupakan respon operan yang diberika untuk satu situasi tapi tidak pada situasi lain. Menurut Thorndike, asosiasi minatnya atau perhatiannya (interest) adalah antara situasi environmental umum dengan satu respon yang efektif dalam memecahkan problem. Menurut Skinner, hubungan perhatian ini dapat digambarkan sbb :
Stimulus diskriminatif respon operan stimulus yang menguatkan
(SD) (R) (SR)



asosiasi perhatian
Penguatan Sekunder
Keller dan Schoenfeld (1950) memberikan ringkasan penguatan sekunder ini sbb :
Sebuah stimulus yang kadang terjadi atau mengiringi sebuah penguatan akan mendapatkan karakteristik sebagai penguat tersendiri dan bisa disebut dengan penguatan terkondisikan sekunder.
Penguatan sekunder adalah positif jika penguatan yang berkorelasi dengannya adalah positif, dan sebaliknya.
Setelah terbentuk, penguatan sekunder adalah independen dan nonspesifik; ia bukan hanya memperkuat respon yang sama yang menghasilkan penguatan awal, tetapi ia juga akan mengkondisikan respon yang baru dan tak terkait dengan respon sebelumnya.
Melalui generalisasi, banyak stimuli yang berkorelasi dengan penguatan akan mendapatkan nilai penguatan sendiri – positif atau negatif.
Generalized Reinforcer
Penguat sekunder yang dipasangkan dengan lebih dari satu penguat utama. Contoh generalized reinforce adalah uang.
Allport berpendapat bahwa meskipun suatu aktivitas pernah dilakukan karena aktivitas itu menimbulkan penguatan, setelah beberapa waktu aktivitas itu sendiri menjadi penguat. Skinner mengatakan bahwa aktivitas semacam itu pada akhirnya menghasilkan penguatan utama atau sebaliknya mungkin akan lenyap. Namun Allport mengatakan bahwa aktivitas itu tak lagi bergantung pada penguatan utama.
Chaining (perantaian)
Merupakan proses dimana respon yang dapat membawa organisme berhubungan dengan stimuli yang bertindak sebagai SD untuk respon lainnya akan menyebabkannya mengalami stimuli yang menyebabkan respon ketiga, dan seterusnya.
Penguat Positif dan Negatif
Primary positive reinforcerment : sesuatu yang secara alamiah memperkuat bagi organism dan berkaitan dengan survival,seperti makanan dan minuman. Sebuah penguat positif positif, ntah itu primer atau sekunder, adalah sesuatu yang apabila ditambahkan ke situasi lain oleh suatu respon tertentu, akan meningkatkan probabilitas terulangnya respon tersebut.
Primary negative reinforce : sesuatu yang membahayakan secara tidak alamiah bagi organism, seperti suata yang amat tinggi atau setrum listrik. Sebuah penguat negative, ntah itu primer atau sekunder, adalah sesuatu yang apabila dihilangkan dari situasi oleh respon tertentu, akan meningkatkan probabilitas terulangnya respon tersebut.
Hukuman
Terjadi ketika suau respon menghilangkan sesuatu yang positif dari situasi atau menambahkan sesuatu yang negative. Argument utama Skinner yang menentang penggunaan hukuman adalah bahwa hukuman dalam jangka panjang tidak akan efektif.
Jadwal Penguatan
Continuous Reinforcement Schedule, setiap respon yang tepat selama akuisisi akan diperkuat.
Fixed Interval Reinforcement Schedule, penguatan akan diberikan terhadap respon yang dibuat hanya setelah sederet interval waktu.
Fixed Ration Reinforcement Schedule, setiap respon ke-n yang dilakukan akan diperkuat.
Variable Interval Reinforcement Schedule, penguatan diberikan setelah respon muncul pada akhir interval dari durasi variable.
Variable Ratio Reinforcement Schedule, akan menghasilkan tingkat respons yang tertinggi diantara lima jadwal yang dibahas ini. Caranya dengan mengeliminasi bentuk undak-undakan dalam catatan kumulatif seperti yang dijumpai pada jadwal Fixed Ratio.
Concurrent Schedules and the Matching Law. Prosedur ini dilakukan Skinner ketika melatih burung dara untuk mematuk dua kunci operan yang tersedia pada saat yang bersamaan tetapi memberikan penguatan di bawah jadwal yang berbeda.
Concurrent Chain Reinforcement Schedule, dipakai untuk meneliti perilaku pilihan-kompleks.
Progressive Ratio Schedules and Behavioral Economics, Metode rasio progresif mengharuskan hewan menunjukkan perilaku (suatu bayaran) untuk mendapatkan penguat tertentu. Jika suatu organism bersedia “membayar” lebih banyak untuk mendapatkan satu penguat dibanding penguat yang lainnya maka tipe penguat yang lebih dihargai itu lebih efektif ketimbang tipe penguat lainnya..
Perilaku Verbal
Skinner percaya bahwa perilaku verbal dapat dijelaskan dalam konteks teori penguatan, yang terklasifikasi dalam :
Mand berasal dari fakta bahwa ada demand (permintaan), contoh : “mand tambah garam”, tambah adalah tindakan sedangkan penguatan utama adalah garam.
Tact adalah penamaan objek atau kejadian di lingkungan dengan tepat, dan penguatannya berasal dari penguatan kesesuaian antara lingkungan dan perilaku verbal seseorang.
Echoic behavior adalah perilaku verbal yang diperkuat saat perilaku verbal orang lain diulang secara verbatism, contoh : guru TK yang mengajari anak mengulangi kata yang diucapkan guru.
Autoclitic behavior adalah perilaku yang didasarkan pada, bergantung pada perilaku verbal lain, berfungsi : untuk mengkualifikasikan respons, mengekspresikan relasi,dan menyediakan kerangka gramatikal untuk perilaku verbal.
Kontrak Kontingensi
Merupakan sejenis kontrak yang kita susun baik dengan diri kita sendiri atau dengan orang lain dimana di dalam kontrak berisi situasi yang akan memberikan diri sendiri hadiah jika situasi itu dilakukan dan menggunakan penguat langsung.
Sikap Skinner terhadap teori belajar
Pendekatan organism kosong adalah suatu pendekatan dimana kejadian behavioral harus dideskripsikan dalam term hal-hal yang langsung mempengaruhi perilaku dan tidak logis jika kita berusaha menjelaskan dalam term fisiologis.
Kebutuhan akan teknologi perilaku
Teknologi perilaku ini banyak ditentang karena hal ini membatasi manusia yang merupakan makhluk yang rasional, bebas dan bermanfaat.
RELATIVITAS PENGUATAN
David Premack
Secara tradisional, penguat primer dianggap terkait dengan keberlangsungan individu dan penguat sekunder adalah stimulus yang secara konsisten dipasangkan dengan penguat primer. Menurut Premack, setiap respon yang terjadi dengan frekuensi yang cukup tinggi dapat dipakai utnuk memperkuat respons yang terjadi dengan frekuensi cukup rendah. Revisi Prinsip Premack
Argumen Meehl yang menyatakan sebuah penguat dalam satu situasi dapat ditunjukkan untuk memodifikasi perilaku dalam situasi lain.
William Timberlake
Disequilibrium Hypothesis adalah setiap aktivitas dapat menjadi penguat jika suatu jadwal kontingensi membatasi akses hewan percobaan ke aktivitas itu. Jika kita menciptakan jadwal kontingensi yang akan mereduksi proporsi dari suatu kegiatan maka kita menciptakan ketidakseimbangna. Untuk menghasilkan hukuman (punishment), harus didesain suatu jadwal dimana pelaksanaan suatu aktivitas akan meningkatkan aktivitas lain melampaui basis dasarnya.
Dari perspektif ini, fungsi jadwal kontingensi adalah menghasilkan disekulibrium, bukan memberikan informasi yang menghubungkan respon dengan penguat atau memberi kontiguitas antara respon dan penguat.
KESALAHAN PERILAKU ORGANISME
Tokoh : Marian Breland
Kecenderungan perilaku bawaan pelan-pelan menggantikan perilaku yang dipelajari ini disebut sebagai instinctual drift. Breland menentang 3 asumsi behavioris :
(1) hewan mempelajari situasi sebagai tabula rasa
(2) perbedaan diantara berbagai spesies adalah tidak penting
(3) setiap respons dapat dikondisikan untuk setiap stimulus.
Salah satu fenomena lain adalah autoshaping yaitu perilaku itu dibentuk secara otomatis, Ada 2 pendekatan yang menjelaskan fenomena ini :
menyamakan dengan supersticious
Pengkondisian klasik  ada hal yang muncul sebagai penguat primer dan sekunder.
PANDANGAN SKINNER TENTANG PENDIDIKAN
Belajar akan berlangsung sangat efektif apabila :
Informasi yang akan dipelajari disajikan secara bertahap
Pemberian umpan balik mengenai akurasi pembelajaran pelajar
Pembelajar mampu belajar dengan caranya sendiri
Behaviorist jarang menggunakan teknik pengajran ceramah. Menurut Skinnerian , problem perilaku akibat perencanaan pendidikan yang buruk.
WARISAN SKINNER : PSI,CBI DAN BELAJAR ON-LINE
Pendekatan Skinner untuk belajar terprogram mengandung ciri-ciri yang berasal dari teori belajarnya:
Langkah-langkah kecil  berjalan dari satu frame ke frame yang lain
Respon yang jelas  jawaban benar diperkuat dan jawaban salah dikoreksi
Umpan balik segera  pemberian feedback langsung
Self-pacing  siswa menempuh program belajar sesuai kemampuan dan kecepatan
Sistem Instruksi Personal
Tokoh : Fred Keller
Nama awal program: Keller Plan
Prinsip : mengindividualisasikan dan memberi umpan balik yang sering dan cepat mengenai kinerja siswa, terdiri dari empat langkah:
Menentukan materi yang diajarkan
Membagi materi ke dalam segmen-segmen
Menciptakan metode evaluasi sejauh mana siswa telah menguasai materi dalam segmen tertentu
Mengizinkan siswa melangkah dari satu segmen ke segmen lain sesuai kemampuan mereka
Instruksi berbasis computer
Hampir serupa dengan PSI, cuma kalau di PSI yang mengoperasikannya adalah seorang guru sedangkan di sini kompuetr yang mengambil peran. Jika siswa bisa melewati ujian tertentu maka ia akan diberikan izin untuk masuk ke level selanjutnya. Format pendidkan yang terkait dengan CBI adalah “kelas virtual” atau on-line education (pendidikan online).
Kritik terhadap CBI
Tidak ada interkasi antar guru dan siswa (interkasi langsung /tatap muka)
Ada materi pendidikan yang paling penting yang tidak biasa diklasifikasikan untuk diprogram atau disusun dalm segmen-segmen.
Kritik atas teori Skinner
Hukuman itu penting jika tidak ada hukuman maka tingkat perilaku menyimpang dapat meningkat karena pola pengasuhan yang salah (Staddon)
Skinner tidak mau menyusun teori padahal teori penting untuk menjelaskan data dan fenomena yang ada.