Rabu, 15 Mei 2013

flash disk

Disusun Oleh : Nama : Eprian Kelas : PS5 B Nim : 10181001 fakultas : psikologi 1.perilaku nakal remaja Pola pikir remaja (persepsi) 2.tokoh-tokohnya 1). 14 remaja yang tergabung keluarga besar “L”, Ciputat 2.).warga sekitar yaitu belasan warga “N”3.) pihak kepolisian yang mencoba membubarkan pukul lima pagi sebagai korban, pelaku remaja keluarga besar “L”, Ciputat vs belasan warga “N” yang melakukan saling balas lempar petasan dan batu lalu karena panik terkepung warga dan polisi yang hendak membubarkan sehingga melompatnya 14 para remaja ke situ (danau) 3. temanya” tragedi melompatnya 14 para remaja ke situ (danau) karena panik terkepung warga dan polisi yang hendak membubarkan“ 4. model pendekatan individual Model pendekatan kognitif dan perilaku Narasi deskriftif Tawuran sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia. Sehingga jika mendengar kata tawuran, sepertinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Hampir setiap minggu, berita itu menghiasi media massa. Bukan hanya tawuran antar pelajar saja yang menghiasi kolom-kolom media cetak, tetapi tawuran antar polisi dan tentara , antar polisi pamong praja dengan pedagang kaki lima, sungguh menyedihkan. Inilah fenomena yang terjadi di masyarakat kita. Tawuran antar pelajar maupun tawuran antar remaja semakin menjadi semenjak terciptanya geng-geng. Perilaku anarki selalu dipertontonkan di tengah-tengah masyarakat. Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bisa mengganggu ketenangan masyarakat.Sebaliknya mereka merasa bangga jika masyarakat itu takut dengan geng/kelompoknya. Seorang pelajar seharusnya tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji seperti itu. Biasanya permusuhan antar sekolah dimulai dari masalah yang sangat sepele. Namun remaja yang masih labil tingkat emosinya justru menanggapinya sebagai sebuah tantangan. Pemicu lain biasanya dendam Dengan rasa kesetiakawanan yang tinggi para siswa tersebut akan membalas perlakuan yang disebabkan oleh siswa sekolah yang dianggap merugikan seorang siswa atau mencemarkan nama baik sekolah tersebut. Sebenarnya jika kita mau melihat lebih dalam lagi, salah satu akar permasalahannya adalah tingkat kestressan siswa yang tinggi dan pemahaman agama yang masih rendah. Sebagaimana kita tahu bahwa materi pendidikan sekolah di Indonesia itu cukup berat . Akhirnya stress yang memuncak itu mereka tumpahkan dalam bentuk yang tidak terkendali yaitu tawuran. Dari aspek fisik,tawuran dapat menyababkan kematian dan luka berat bagi para siswa. Kerusakan yang parah pada kendaraan dan kaca gedung atau rumah yang terkena lemparan batu.sedangkan aspek mentalnya , tawuran dapat menyebabkan trauma pada para siswa yang menjadi korban, merusak mental para generasi muda, dan menurunkan kualitas pendidikan di Indonesia. Setelah kita tahu akar permasalahannya , sekarang yang terpenting adalah bagaimana menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini. Dalam hal ini, seluruh lapisan masyarakat yaitu, orang tua , guru/sekolah dan pemerintah. Pendidikan yang paling dasar dimulai dari rumah.Orang tua sendiri harus aktif menjaga emosi anak. Pola mendidik juga barangkali perlu dirubah.Orang tua seharusnya tidak mendikte anak, tetapi memberi keteladanan.Tidak mengekang anak dalam beraktifitas yang positif. Menghindari kekerasan dalam rumah tangga sehingga tercipta suasana rumah yang aman dan nyaman bagi tumbuh kembang si anak Menanamkan dasar-dasar agama pada proses pendidikan. Tidak kalah penting adalah membatasi anak melihat kekerasan yang ditayangkan Televisi. Media ini memang paling jitu dalam proses pendidikan.Orang tua harus pandai-pandai memilih tontonan yang positif sehingga bisa menjadi tuntunan buat anak.Untuk membatasi tantonan untuk usia remaja memang lumayan sulit bagi orang tua.Karena internetpun dapat diakses secara bebas dan orang tua tidak bisa membendung perkembangan sebuah teknologi Filter yang baik buat anak adalah agama dengan agama si anak bisa membentengi dirinya sendiri dari pengaruh buruk apapun dan dari manapun.Dan pendidikan anak tidak seharusnya diserahkan seratus persen pada sekolah. Peranan sekolah juga sangat penting dalam penyelesaian masalah ini. Untuk meminimalkan tawuran antar pelajar, sekolah harus menerapkan aturan tata tertib yang lebih ketat, agar siswa/i tidak seenaknya keluyuran pada jam – jam pelajaran di luar sekolah. Yang kedua peran BK ( Bimbingan Konseling harus diaktifkan dalam rangka pembinaan mental siswa, Membatu menemukan solusi bagi siswa yang mempunyai masalah sehingga persoalan-persoalan siswa yang tadinya dapat jadi pemicu sebuah tawuran dapat dicegah. Yang ketiga mengkondisikan suasana sekolah yang ramah dan penuh kasih sayang . Peran guru disekolah semestinya tidak hanya mengajar tetapi menggatikan peran orang tua mereka. Yakni mendidik.Yang keempat penyediaan fasilitas untuk menyalurkan energi siswa. Contohnya menyediakan program ektra kurikuler bagi siswa.Pada usia remaja energi mereka tinggi, sehingga perlu disalurkan lewat kegiatan yang positif sehingga tidak berubah menjadi agresivitas yang merugikan. Dalam penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler Ini sekolah membutuhkan prasarana dan sarana, seperti arena olahraga dan perlengkapan kesenian, yang sejauh ini di banyak sekolah belum memadai, malah cenderung kurang. Oleh karenanya, pemerintah perlu mensubsidi lebih banyak lagi fasilitas olahraga dan seni. Dari segi hukum demikian juga.Pemerintah harus tegas dalam menerapkan sanksii hukum Berilah efek jerah pada siswa yang melakukan tawuran sehingga mereka akan berpikir seratus kali jika akan melakukan tawuran lagi.Karena bagaimanapun mereka adalah aset bangsa yang berharga dan harus terus dijaga untuk membangun bangsa ini. Perubahan sosial yang diakibatkan karena sering terjadinya tawuran, mengakibatkan norma-norma menjadi terabaikan. Selain itu,menyebabkan terjadinya perubahan pada aspek hubungan social masyarakatnya.. Dalam bukunya yang berjudul “Dinamika Masyarakat Indonesia”, Prof. Dr. Awan Mutakin, dkk berpendapat bahwa sistem sosial yang stabil ( equilibrium ) dan berkesinambungan ( kontinuitas ) senantiasa terpelihara apabila terdapat adanya pengawasan melalui dua macam mekanisme sosial dalam bentuk sosialisasi dan pengawasan sosial (kontrol sosial). Sosialisasi maksudnya adalah suatu proses dimana individu mulai menerima dan menyesuaikan diri kepada adapt istiadat ( norma ) suatu kelompok yang ada dalam sistem social , sehingga lambat laun yang bersangkutan akan merasa menjadi bagian dari kelompok yang bersangkutan. Pengawasan sosial adalah, “ proses yang direncanakan atau tidak direncanakan yang bertujuan untuk mengajak, mendidik atau bahkan memaksa warga masyarakat, agar mematuhi norma dan nilai”. Pengertian tersebut dipertegas menjadi suatu pengendalian atau pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggotanya. (Soekanto,1985:113).

Rabu, 08 Juni 2011

keistimewaan wanita

19 RAHASIA KEISTIMEWAAN WANITA Kelebihan wanita daripada laki laki

1. Doa wanita itu lebih makbul daripada lelaki kerana sifat penyayang yang
lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah SAW akan hal
tersebut, jawab baginda , \" Ibu lebih penyayang daripada bapa dan doa orang
yang penyayang tidak akan sia-sia.\"


2. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1000 lelaki yang soleh.


3. Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuannya, darjatnya seumpama orang
yang sentiasa menangis kerana takutkan Allah .Dan orang yang takutkan Allah SWT
akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.

4. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku
(Rasulullah SAW) di dalam syurga.


5. Barangsiapa membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah lalu
diberikan kepada keluarganya) maka pahalanya seperti melakukan amalan
bersedekah.Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka
barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak
Nabi Ismail.


6. Syurga itu di bawah telapak kaki ibu.


7. Barangsiapa mempunyai tiga anak perempuan atau tiga saudara perempuan atau
dua anak perempuan atau dua saudara perempuan lalu dia bersikap ihsan dalam
pergaulan dengan mereka dan mendidik mereka dengan penuh rasa takwa serta sikap
bertanggungjawab, maka baginya adalah syurga.


8. Apabila memanggil akan dirimu dua orang ibu bapamu, maka jawablah panggilan
ibumu terlebih dahulu.


9. Daripada Aisyah r.a.\" Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu daripada
anak-anak perempuannya lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan
menjadi penghalang baginya daripada api neraka.


10. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutuplah pintu-pintu
neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pun pintu yang
dia kehendaki dengan tidak dihisab.


11. Wanita yang taat pada suaminya, maka semua ikan-ikan di laut, burung di
udara, malaikat di langit, matahari dan bulan semua beristighfar baginya selama
mana dia taat kepada suaminya serta menjaga solat dan puasanya.


12. Aisyah r.a berkata, \"Aku bertanya kepada Rasulullah, siapakah yang lebih
besar haknya terhadap wanita?\" Jawab Rasulullah SAW \"Suaminya.\" \" Siapa pula
berhak terhadap lelaki?\" Jawab Rasulullah SAW, \"Ibunya.\"


13. Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa di bulan Ramadhan,
memelihara kehormatannya serta kepada suaminya, masuklah dia dari pintu syurga
mana sahaja yang dikehendaki.


14. Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah SWT
memasukkan dia ke dalam syurga terlebih dahulu daripada suaminya (10,000
tahun).


15. Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya,maka
beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap
hari dengan 1,000 kebajikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.


16. Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT
mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah.


17. Apabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa
seperti keadaan ibunya melahirkannya.


18. Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu
tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan.


19. Apabila semalaman seorang ibu tidak tidur dan memelihara anaknya yang
sakit, maka Allah SWT memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba
dengan ikhlas untuk membela agama Allah SWT.

Selasa, 17 Mei 2011

rumput gajah

HIJAUAN PAKAN TERNAK: Rumput Gajah

Kombinasi Rumput Gajah King Grass (Pennisetum purpureum cv. King Grass) dan Areuy bulu (Pueraria phaseoloides) di desa Cimahi, kec. Caringin, kab. Garut.
Kombinasi Rumput Gajah King Grass dan
Areuy bulu (Pueraria phaseoloides) di desa Cimahi, kec. Caringin, kab. Garut.

Tulisan ini diadaptasi dan di sesuaikan untuk konsumsi publik dari publikasi internal “Manglayang Agribusiness Cooperative, ANALISA PENANAMAN RUMPUT GAJAH DI CIJAYANA, Juni 2005 “.

UPDATE: 5/1/2006
Tambahan beberapa gambar kultivar Taiwan dan King Grass. Ralat photo caption, gambar rumput Taiwan tertukar dengan rumput Africa.

Pengantar

Pennisetum purpureum Schumach.
Nama daerah: Elephant grass, napier grass (Inggris), Herbe d’éléphant, fausse canne à sucre (Prancis), Rumput Gajah (Indonesia, Malaysia), Buntot-pusa (Tagalog, Filipina), Handalawi (Bokil), Lagoli (Bagobo), Ya-nepia (Thailand), Co’ duôi voi (Vietnam), pasto elefante (Spanyol)

Asal-usul dan persebaran geografi: Berasal dari Afrika tropika, kemudian menyebar dan diperkenalkan ke daerah daerah tropika di dunia, dan tumbuh alami di seluruh Asia Tenggara yang bercurah hujan melebihi 1.000 mm dan tidak ada musim panas yang panjang. Dikembangkan terus menerus dengan berbagai silangan sehingga menghasilkan banyak kultivar, terutama di Amerika, Philippine dan India.

Rumput gajah merupakan keluarga rumput rumputan (graminae ) yang telah dikenal manfaatnya sebagai pakan ternak pemamah biak (Ruminansia) yang alamiah di Asia Tenggara. Rumput ini biasanya dipanen dengan cara membabat seluruh pohonnya lalu diberikan langsung (cut and carry) sebagai pakan hijauan untuk kerbau dan sapi, atau dapat juga dijadikan persediaan pakan melalui proses pengawetan pakan hijauan dengan cara silase dan hay. Selain itu rumput gajah juga bisa dimanfaatkan sebagai mulsa tanah yang baik.
Di Indonesia sendiri, rumput gajah merupakan tanaman hijauan utama pakan ternak. Penanaman dan introduksi nya dianjurkan oleh banyak pihak.

Deskripsi dan Sifat Rumput Gajah

Nilai pakan rumput gajah dipengaruhi oleh perbandingan (rasio) jumlah daun terhadap batang dan umurnya. Kandungan nitrogen dari hasil panen yang diadakan secara teratur berkisar antara 2-4% Protein Kasar (CP; Crude Protein) selalu diatas 7% untuk varietas Taiwan, semakin tua CP semakin menurun)
Pada daun muda nilai ketercernaan (TDN) diperkirakan mencapai 70%, tetapi angka ini menurun cukup drastis pada usia tua hingga 55%. Batang-batangnya kurang begitu disukai ternak (karena keras) kecuali yang masih muda dan mengandung cukup banyak air.

Rumput ini secara umum merupakan tanaman tahunan yang berdiri tegak, berakar dalam, dan tinggi dengan rimpang yang pendek. Tinggi batang dapat mencapai 2-4 meter (bahkan mencapai 6-7 meter), dengan diameter batang dapat mencapai lebih dari 3 cm dan terdiri sampai 20 ruas / buku. Tumbuh berbentuk rumpun dengan lebar rumpun hingga 1 meter. Pelepah daun gundul hingga berbulu pendek; helai daun bergaris dengan dasar yang lebar, ujungnya runcing.

King Grass. Berumur sekitar 2 minggu setelah panen.
King Grass. Berumur sekitar 2 minggu setelah panen.

Rumput gajah merupakan tumbuhan yang memerlukan hari dengan waktu siang yang pendek, dengan fotoperiode kritis antara 13-12 jam. Namun kelangsungan hidup serbuk sari sangat kurang sehingga menjadi penyebab utama dari penentuan biji yang lazimnya buruk. Disamping itu, kecambahnya lemah dan lambat. Oleh karenanya rumput ini secara umum ditanam dan diperbanyak secara vegetatif. Bila ditanam pada kondisi yang baik, bibit vegetatif tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai ketinggian sampai 2-3 meter dalam waktu 2 bulan.

Rumput gajah ditanam pada lingkungan hawa panas yang lembab, tetapi tahan terhadap musim panas yang cukup tinggi dan dapat tumbuh dalam keadaan yang tidak seberapa dingin. Rumput ini juga dapat tumbuh dan beradaptasi pada berbagai macam tanah meskipun hasilnya akan berbeda. Akan tetapi rumput ini tidak tahan hidup di daerah hujan yang terus menerus. Secara alamiah rumput ini dapat dijumpai terutama di sepanjang pinggiran hutan.

Perkembang biakan vegetatif dilakukan baik dengan cara membagi rumpun akar dan bonggol maupun dengan stek batang (minimal 3 ruas, 2 ruas terbenam di tanah). Hal ini dapat dilakukan dengan tangan atau dengan peralatan seperti yang dilakukan pada penanaman tebu. Jarak antar barisan berkisar antara 50 – 200 cm. di daerah yang lebih kering jaraknya lebih lebar. Jarak dalam barisan bervariasi mulai dari 50 – 100 cm. penanaman yang dicampur dengan tanaman lain semisal ubi kayu dan pisang sering dilakukan di kebun rumah.

Untuk mendapatkan hasil dan ketahanan tinggi, rumput ini ditanam dengan pengairan yang teratur dan pemupukan yang cukup. Pemupukan yang banyak diterapkan biasanya bila rumput sering dipotong / dipanen.

Kandungan nutrien setiap ton bahan kering adalah N:10-30 kg; P:2-3 kg; K:30-50 kg; Ca:3-6 kg; Mg dan S:2-3 kg. dengan hasil bahan kering tiap tahun 20-40 ton/Ha, karenanya banyak zat diserap dari tanah. Jika tidak dipupuk hasilnya akan segera menurun drastis dan gulma akan menyerang. Walaupun rumput gajah jarang ditanam dengan polong-polongan (legume), namun tetap dapat dikombinasikan dengan baik.

Penyakit yang biasa menyerang yaitu kutu Helminthosporium sacchari. Tindakan yang paling baik untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan kultivar yang tahan penyakit tersebut. Namun demikian secara umum kami tidak menemukan serangan hama pada rumput gajah yang ditanam. Kebanyakan hanya merupakan serangan belalang dan ulat yang masih bisa di tolerir.

Rumput gajah dapat dipanen sepanjang tahun. Biasanya rumput ini diberikan dalam bentuk segar, tetapi dapat juga diawetkan sebagai silase. Hasil bahan kering setiap tahun diharapkan berkisar 2 - 10 ton/hektar untuk tanaman yang tidak dipupuk atau dengan pupuk yang sedikit, tetapi yang menggunakan banyak pupuk N dan P hasilnya berkisar antara 6 - 40 ton/hektar.

Prospek rumput gajah cukup baik bila dilakukan pemupukan yang baik pula. Dengan memanen pada pertumbuhan yang masih muda atau dengan menggunakan kultivar yang baik akan mencapai nilai pakan yang tinggi. Keuntungan dari jenis ini adalah kemampuannya berproduksi, dapat ditanam dalam jumlah besar atau kecil, dan dapat diusahakan secara mekanis atau juga untuk pertanian/peternakan skala kecil.

Hasil Pengamatan

Kami telah mencoba menanam rumput ini di berbagai tempat, baik di daerah pesisir pantai selatan pada ketinggian berkisar 0 - 200 m dpl, maupun di home base Manglayang Farm pada ketinggian 900 - 1100 m dpl. Dengan berbagai kondisi tanah / alam dan perlakuan yang berbeda. Hasil yang didapat pun berbeda beda tentunya :) .
Yang menarik, di Indonesia ternyata ada lebih dari 1 jenis rumput gajah, apa saja ?

Jenis Kultivar di Indonesia

Sekurangnya menurut pengetahuan kami berdasarkan obrolan dengan rekan di BIB Lembang, ada empat kultivar yang ada di Indonesia. Rumput gajah semuanya merupakan introduksi dan bukan jenis rumput lokal.
Kultivar rumput gajah tersebut adalah King Grass (P. purpureum cv. King Grass), Taiwan (P. purpureum cv. Taiwan), Hawaii (P. purpureum cv. Hawaii) dan Africa (P. purpureum cv. Africa). Namun karena memang bentuknya yang satu sama lain sangat mirip, agak sulit membedakannya (setidaknya bagi mata awam seperti kami).
Namun demikian ada sedikit panduan yang diberikan oleh rekan di BIB Lembang untuk menentukan berbagai kultivar tersebut.

King: Batang dan daunnya paling raksasa (karena itulah dia disebut King Grass), daunnya berbulu kasar dan akan terasa perih bila memanen rumput ini tanpa menggunakan baju tangan panjang (percayalah, penulis sudah merasakannya). Batangnya keras. Produktivitas tinggi, menurut pengamatan kami dapat mencapai 200 - 250 ton per hektar per tahun. Pada daun muda, pangkal daunnya memiliki bercak bercak berwarna hijau muda.
Pengamatan kami, produksi per rumpun di Cijayana bisa lebih dari 7 kilogram (basah) per panen.

Bercak hijau muda di sekitar pangkal daun King Grass
Bercak hijau muda di sekitar pangkal daun King Grass.

Rumput Gajah King Grass (Pennisetum purpureum cv. King Grass) di desa Cimahi, kec. Caringin, kab. Garut.
Rumput Gajah King Grass di desa Cimahi, kec. Caringin, kab. Garut.
Berumur sekitar 8 bulan sejak hari tanam.

Taiwan: Cukup raksasa, dapat mencapai 4 -5 meter. Kultivar ini yang disenangi dan dianjurkan oleh BIB Lembang untuk ditanam. Batangnya lunak, daun lebar berbulu lembut, tingkat nutrisi cukup baik. Ciri ciri lain adalah pada batang muda pangkal batangnya bawah yang dekat ke tanah berwarna kemerah merahan. Namun beberapa rekan peternak di Lembang kurang menyukai kultivar ini karena lunaknya batang tersebut sehingga cenderung mudah roboh apabila diterpa angin kencang. Produktivitas tinggi, bisa mencapai 300 ton / hektar per tahun dengan kondisi pemupukan dan pemeliharaan optimal. Selain itu, Taiwan (juga King Grass) membutuhkan air yang cukup banyak. Pengamatan kami, produksi per rumpun bisa lebih dari 7 kilogram (basah) per panen.

Batang berwarna kemerah merahan merupakan ciri kultivar Taiwan (Cijayana)
Batang berwarna kemerah merahan merupakan ciri kultivar Taiwan (Cijayana).

Batang rumput Taiwan yang besar tapi relatif lunak.
Batang rumput Taiwan yang besar tapi relatif lunak (Cijayana).

Africa: Batang kecil dan keras. Daun kecil. Tumbuh tunas tunas kecil pada ketiak batang. Sehingga apabila terbiasa melihat King Grass atau Taiwan yang sehat, melihat Africa seperti melihat rumput kerdil :) . Kultivar ini yang banyak ditanam di Manglayang Farm. Kenapa ? Hipotesa kami adalah kultivar ini yang pertama kali masuk dan dikembangkan di daerah Manglayang. Keunggulan dari Africa adalah kebutuhan airnya yang tidak terlalu banyak. Sehingga pada musim kering pun masih dapat tumbuh dengan cukup baik. Produktivitas tidak terlalu tinggi, menurut pengamatan kami hanya sekitar 1 -2 kilogram / rumpun (basah) per panen (sekitar 100 ton per hektar per tahun)

Rumpun rumput gajah Africa yang sudah tua, perhatikan batangnya yang kecil.
Rumpun rumput gajah Africa yang sudah tua, perhatikan batangnya yang kecil.

Rumpun rumput gajah Africa yang besar.
Jumlah rumpun gajah Africa yang banyak.

Hawaii: Nah ini kultivar yang paling sulit membedakannya. Hawaii memiliki batang dan daun yang lunak tapi tidak terlalu besar. Lebih mirip ke Taiwan hanya lebih kecil. Tidak heran, karena kultivar ini merupakan induk dari kultivar Taiwan yang merupakan hibrid King Grass dengan Hawaii.

Sedangkan menurut literatur yang ada di Internet, kultivar yang ada di dunia banyak sekali, namun kultivar kultivar yang disebutkan di atas sulit sekali dicari referensinya, kecuali King Grass dan Taiwan. Disebutkan disana King Grass merupakan hasil silangan antara P. purpureum biasa dengan Pearl Millet (Pennisetum galucum).

Kultivar yang cukup menarik adalah tipe Dwarf (kerdil), yaitu Pennisetum purpureum cv. Mott. Disebutkan bahwa kultivar ini memiliki karakteristik perbandingan rasio daun yang tinggi dibandingkan batang. Berkualitas nutrisi tinggi pada berbagai tingkat usia dibandingkan jenis rumput tropis lainnya. Tahan kekeringan, dan hanya bisa di propagasi melalui metoda vegetatif. Menurut beberapa literatur, jenis ini sudah dibudidayakan di Indonesia, tapi sayangnya penulis belum berhasil menemukan contoh bibit. Ada yang punya ?

Metoda Penanaman

Seperti telah disinggung diatas, penanaman rumput gajah dilakukan dengan metoda perbanyakan vegetatif. Cara yang umum diterapkan adalah dengan stek batang dan memecah anakan. Cara yang pertama memungkinkan perbanyakan dengan lebih cepat, namun agak sedikit lebih lambat pertumbuhannya dibandingan dengan cara anakan atau pols. Cara penanaman yang biasa kami lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pengolahan Lahan
Proses penanaman rumput gajah dimulai pada dengan pengolahan lahan yaitu dengan melakukan pembersihan lahan dari tanaman gulma, memisahkan bibit yang masih dapat digunakan untuk kemudian dilakukan pembalikan tanah serta pembuatan ulang dan rekondisi galur tanam.

2. Pupuk Dasar dan Penanaman
Setelah melakukan pengolahan lahan, dilanjutkan dengan pemupukan dasar menggunakan pupuk kandang (manure sapi) sekira 3 ton (± 1 ton/ha) dan dilanjutkan dengan mengguludkan lahan tanam.
Kemudian dilakukan penanaman dengan metoda stek batang. Untuk satu rumpun ditanam minimal 3 batang, yang masing masing batang terdiri sekurangnya dari 3 ruas. Kami mengusahakan 2 ruas terbenam di dalam tanah.

Penanaman rumput gajah di Tegal Tengah, Cijayana - 1
Penanaman rumput gajah di Tegal Tengah, Cijayana (1).

Penanaman rumput gajah di Tegal Tengah, Cijayana - 2
Penanaman rumput gajah di Tegal Tengah, Cijayana (2).

3. Pemupukan Kedua
Pemupukan kedua dilakukan 2 minggu setelah tanam dengan menggunakan pupuk NPK (16:16:16) dengan dosis 60 kg / hektar. Pemupukan kedua ini biasanya dibarengi dengan penyaueran (menimbunkan tanah dan rumput liar untuk meninggikan guludan).

4. Pemupukan Lanjutan
Pemupukan kimia selanjutnya dilakukan pada musim hujan yang akan datang. Untuk selanjutnya diharapkan pemupukan cukup dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 2 kali per tahun, 1 kali pada musim hujan, dan 1 kali pada musim kemarau.

5. Pemeliharaan
Pemeliharaan pada tahun pertama dapat di rinci sebagai kegiatan pemupukan dan penyiangan/pembersihan gulma seperti berikut (pada lahan 3.2 hektar):

Pemupukan
Pupuk Kandang 3 hari x 4 orang x 2 kali per tahun = 24 Hari Orang Kerja (HOK)
Pupuk Kimia 1 hari x 4 orang x 1 kali per tahun = 4 HOK

Penyiangan
3 hari x 4 orang x 2 kali per tahun = 24 HOK
Sehingga total pemeliharaan pada tahun pertama adalah 52 HOK

Sedangkan pada tahun kedua dan selanjutnya karena diharapkan sudah tidak menggunakan pupuk kimia maka yang dibutuhkan hanya 48 H.O

Pola Tanam

Pola tanam menggunakan berbagai metoda. Ada yang menggunakan metoda lorong polikultur (alley cropping) dengan tanaman sela, ada juga yang menggunakan sistem monokultur / tunggal.
Pada pola lorong, rumput gajah ditanam dengan tanaman sela jagung (Zea mays), Sorghum (Sorghum bicolor L. Moench) atau Kacang Tanah (Arachis hypogaea) menggunakan jarak dalam barisan ± 50 cm dan jarak antar barisan ± 250 cm (50 x 250 cm).

Penanaman rumput gajah dengan pola lorong (Alley Cropping)
Penanaman rumput gajah dengan pola lorong (Alley Cropping)

Diproyeksikan jumlah baris dapat mencapai sekitar 100 baris, dimana setiap baris dapat mencapai rata rata 259 rumpun, sehingga total dalam lahan tersebut mampu menampung rumpun sebanyak 25.900 rumpun.
Namun kenyataan di lapangan setelah dilakukan penghitungan rumpun, efektif tertanam hanya 9.686 rumpun (37%) sehingga rata rata penyebaran rumpun per hektar nya hanya mencapai 2866 rumpun (total 121 baris x ± 80 rumpun) dengan total luasan efektif tertanam rumput gajah hanya 8.100 m2. Kondisi ini disebabkan luasan efektif yang dapat ditanami berkurang selain akibat adanya tanaman sela, juga disebabkan berbagai kondisi lapangan yang kurang menguntungkan dan tidak dapat ditanami, seperti adanya genangan/rawa, tanah berbatu, adanya embung dan bak serta lahan yang sudah ditanami leguminosa jenis Gamal (Gliricidia sepium) dan tanaman lain.

Sedangkan pola tanam yang dianjurkan oleh BIB Lembang dilakukan dengan menggunakan pola monokultur dan lebih rapat. Hal ini tentu berkaitan dengan treatment dan perawatan yang optimal yang perlu diberikan. Jarak tanam dalam barisan berkisar 70-100cm dan jarak antar barisan 70-100cm.

Penanaman rumput gajah dengan pola monokultur di BIB Lembang
Penanaman rumput gajah dengan pola monokultur di BIB Lembang.

Pemanenan

Pada musim penghujan secara umum rumput gajah sudah dapat dipanen pada usia 40 - 45 hari. Sedangkan pada musim kemarau berkisar 50 - 55 hari. Lebih dari waktu tersebut, kandungan nutrisi semakin turun dan batang semakin keras sehingga bahan yang terbuang (tidak dimakan oleh ternak) semakin banyak.
Sedangkan mengenai panen pertama setelah tanam, menurut pengalaman kami dapat dilakukan setelah rumput berumur minimal 60 hari. Apabila terlalu awal, tunas yang tumbuh kemudian tidak sebaik yang di panen lebih dari usia 2 bulan.

Pemanenan di musim hujan (usia sekitar 40 harian)
Pemanenan di musim hujan (usia sekitar 40 harian).

Kesimpulan Sementara

Rumput gajah merupakan tanaman yang cukup baik untuk kebutuhan hijauan pakan ternak, baik dilihat dari tingkat pertumbuhan, produktivitas hasil panen maupun nutrisi (terutama kandungan serat) yang terkandung di dalamnya.
Lain daripada itu, selain sebagai hijauan segar, surplus produksi rumput gajah juga dapat digunakan sebagai cadangan pakan dalam bentuk kering (hays) ataupun fermentasi dengan metoda silase setelah terlebih dahulu di cacah.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah nilai investasi dan biaya operasional rumput gajah yang tinggi.
Hal ini disebabkan biaya olah lahan, penanaman, pemupukan, perawatan dan pemanenan rumput gajah yang cukup mahal tanpa dibarengi dengan nilai ekonomis dari rumput gajah.
Seperti diketahui, saat ini rumput gajah belum dianggap sebagai komoditi ekonomi yang biasa di perjual belikan. Terutama pada musim hujan. Pada musim kemarau, di beberapa sentra sapi (terutama sapi perah) rumput ini sudah mulai memiliki nilai ekonomis.

Tapi tetap akan berbeda dengan nilai ekonomis yang bisa diperoleh apabila lahan yang ada ditanami dengan berbagai tanaman produktif baik musiman maupun tanaman keras.
Operasional akan semakin tinggi apabila lahan penanaman rumput terletak jauh dari kandang, sehingga akan menaikkan upah dan ongkos angkut yang harus dibayarkan untuk pemeliharaan dan panen.

Beberapa solusi (yang tidak semuanya dapat secara praktis dilakukan) adalah:

1. Penanaman rumput gajah harus dilakukan di areal yang dekat dan sekitar kandang sehingga dapat dengan mudah terjangkau oleh anak kandang/peternak selain itu juga dapat dengan mudah (dan murah) dilakukan pemupukan (dari pupuk kandang).

2. Meningkatkan produksi protein bagi kebutuhan ternak per luasan areal tanam. Seperti diketahui, nutrisi terutama protein rumput gajah tidak terlalu bagus. Caranya bisa dengan mengkombinasikan rumput gajah dengan tanaman leguminosae semak berprotein tinggi seperti Lamtoro (Leucaena leucocephala), Kaliandra (Calliandra calothrysus) dan Gamal (Gliricidia sepium). Atau dengan legum merambat seperti Kacang Sentro (Centrosema pubescens), KembangTelang (Clitoria ternatea), dan Kacang Ruji (Pueraria phaseoloides). Selain sebagai sumber fiksasi nitrogen dan penyubur tanah, juga sebagai pakan tambahan yang sangat berguna bagi ternak.

Gamal, tanaman kombinasi yang baik
Gamal, tanaman kombinasi yang baik.

3. Meningkatkan nilai ekonomi lahan dengan melakukan penanaman rumput gajah dengan metoda lorong pada tanah yang relatif datar dan metoda sengked pada tanah berkontur miring.
Tanaman sela harus yang memiliki nilai ekonomis tinggi, misalnya jenis tanaman semusim seperti Jagung (Zea mays), Kacang Tanah (Arachis hypogaea), Sorghum (Sorghum bicolor, Sorghum vulgare).
Dapat juga digabung dengan tanaman keras seperti Sengon (Albizzia falcata), Suren (Toona sureni) dan sebagainya yang disesuaikan dengan kapasitas dan karakter lahan.

4. Perlulah kiranya di pikirkan lebih lanjut mengenai metoda produksi rumput gajah, baik penanaman, pemeliharaan dan pemanenan yang lebih efisien dan berdaya guna.

5. Kami juga sempat mencoba menggembalakan ternak langsung di kebun rumput gajah, hipotesa awal kami, menggembalakan ternak langsung di lahan rumput gajah dapat mengurangi tenaga pemanenan :) .
Hasilnya, kami tetap saja perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk melakukan pengendalian dan pengawasan ternak, untuk menjaga agar rumput gajah tidak over-graze (dimakan secara berlebihan) sehingga menganggu pertumbuhan. Dan terutama, rumput gajah tidak tahan injakan dan kondisi over-grazing :) .

Happy Cijayana Farmer and Pennisetum purpureum
Petani Cijayana dan King Grass.

Pustaka

* http://www.hear.org/pier/species/pennisetum_purpureum.htm
* http://www.tropicalforages.info/key/Forages/Media/Html/Pennisetum_purpureum.htm
* http://aquat1.ifas.ufl.edu/penpur.html
* http://www.fao.org/WAICENT/FAOINFO/AGRICULT/AGP/AGPC/doc/Gbase/DATA/Pf000301.htm
* http://www.fao.org/ag/aga/agap/frg/afris/Data/137.HTM
* PROSEA, Sumber Daya Nabati Asia Tenggara buku 4, PT. Balai Pustaka, Prosea Indonesia

Rabu, 11 Mei 2011

belajar bahasa inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris
Posted on November 7, 2006 by Mr Frans
BELAJAR DENGAN CARA ALAMI
Apakah anda pernah berpikir bagaimana anak-anak yang masih kecil dapat mempelajari bahasa yang baru dengan sangat mudah dan cepat? Satu hal yang pasti: mereka tidak membutuhkan guru dan buku untuk melakukannya. Mereka belajar secara alami dengan melihat, mendengar dan mengulang. Yang mereka butuhkan adalah keinginan untuk belajar dan lingkungan yang kaya akan pengalaman bahasa.
Di English Training Centre (ETC) kami menggunakan metode alami yang sama untuk menolong anda mahir dalam berbahasa Inggris.
Kami memperkenalkan anda pada karakter-karakter yang akan memperlihatkan bagaimana bahasa Inggris digunakan pada kehidupan sehari-hari. Anda akan melihat, mendengar dan berlatih percakapan-percakapan yang menarik. Anda pun akan mempelajari kosa kata sehari-hari, ungkapan-ungkapan dan cara pengucapan. Dengan meniru pembicara asli, anda akan belajar berbahasa Inggris dengan lancar.
BELAJAR DENGAN CARA ILMIAH
Kami meningkatkan percakapan-percakapan dengan latihan-latihan yang interaktif sehingga anda mampu berlatih dan mengembangkan topik yang telah dipelajari. Latihan-latihan ini dibuat agar dapat merangsang keahlian anda berbahasa dengan cepat dan efisien dari tingkat menghafal jangka pendek ke tingkat menghafal jangka panjang.
Belajar yang baik adalah dimana tersimpannya kemampuan menghafal untuk jangka panjang. Ketika ini terjadi, anda akan mampu untuk berbahasa Inggris secara kreatif dan menggunakannya pada situasi-situasi yang baru.
Sehingga anda menjadi selangkah lebih maju!
BELAJAR DENGAN CARA DEWASA
Sadarilah, bahwa kita bukan anak kecil lagi! Untungnya, anda tetap dapat menggunakan teknik belajar alami yang terjadi ketika anda masih kecil. Tetapi sekarang dapat merangsang keingintahuan anda pada pentingnya belajar bahasa Inggris.
Itulah mengapa kursus di English Training Centre (ETC) dilengkapi dengan materi-materi grammar. Kami mengerti bahwa bagi anda kelancaran berbahasa tidak cukup. Anda ingin bahasa Inggris anda TEPAT. Latihan-latihan yang menarik pada bagian animasi kami serta CD ROM grammar yang interaktif dapat memberi anda rasa percaya diri yang anda butuhkan.
KURSUS KAMI
Dengan teknologi multimedia terkini kami telah menciptakan kursus bahasa Inggris yang sempurna bagi anda, di dalam bentuk CD ROM interaktif yang sukses.
Kursus di English Training Centre (ETC) akan membawa anda pada suatu seri latihan-latihan yang bertahap. Anda memulainya dengan percakapan-percakapan dan latihan-latihan yang mudah, serta berkembang secara cepat dan bertahap pada latihan-latihan yang lebih sulit.
Kursus ini dimulai dengan 3 CD ROM percakapan dalam bahasa Inggris
1. Tingkat pemula
2. Tingkat menengah
3. Tingkat mahir
Setiap tingkat terdiri dari 100 percakapan beserta animasinya yang dikondisikan pada situasi nyata, serta lebih dari 60 latihan-latihan yang interaktif. Ada pula lebih dari 20 latihan-latihan test untuk menilai sejauh mana kemajuan yang telah anda capai.
Dimulai pada adegan pertama dan seterusnya, warna-warna yang tajam, dan teks yang sangat sarat dengan imajinasi dibacakan oleh para pembicara asli dari Inggris akan semakin membuat anda terpesona.
Anda akan langsung hanyut dalam percakapan sehari-hari sejak awal. Percakapan-percakapan yang dibacakan secara jelas, tepat dan lancar oleh para pembicara asli bahasa Inggris akan membuat anda mudah mengerti artinya untuk lebih mendalami pengertiannya. Percakapan-percakapan yang dibawakan secara hidup dalam simulasi visual yang sangat mempesona dan diformat dalam bentuk animasi. Hal ini tidak saja membuat anda mengerti artinya tetapi juga bagaimana percakapan itu cocok dipergunakan pada kenyataan sehari-hari.
Anda dapat mengulangi setiap kata, kalimat, setiap adegan pada percakapan, latihan-latihan, atau test sebanyak yang anda butuhkan. Pada setiap percakapan dilengkapi dengan terjemahan, fungsi untuk melanjutkan kalimat atau mengulanginya. Anda dapat mendengarkan, melihat teks terjemahan atau menghilangkannya menurut keinginan anda. Bisa pula mempercepat atau pun memilih percakapan, latihan dan test yang ingin anda perdalam secara menyeluruh. Semua kelebihan ini akan meyakinkan anda bahwa bahasa Inggris anda mengalami kemajuan.
Kemampuan untuk mengerti bahasa dan rasa antusias akan mengganti rasa kebimbangan dan kecemasan. Sekali anda memulai untuk sukses bertahan pada percakapan-percakapan anda, anda akan merasa lebih percaya diri dan antusias dari sebelumnya dan kemungkinan-kemungkinan untuk menjadi lebih baik akan terwujud.
Selanjutnya, kami memberikan anda 2 CD ROM grammar, dimana setiap CR ROM terdapat lebih dari 90 macam latihan-latihan individu yang sangat interaktif.
4. Latihan Grammar Praktis 1
5. Latihan Grammar Praktis 2
CD ROM grammar kami yang memang diakui memiliki gambar-gambar animasi yang sangat interaktif dan menghibur memang sangat spesial. Mereka memadukan kemampuan teknologi dengan cara yang sangat inovatif dan materi yang sangat mendasar.
Untuk pertama kalinya ini membuktikan bahwa grammar dapat diramu secara menarik dan menyenangkan, tetapi tetap pada instruksi mendasar secara struktural dalam penggunaan bahasa Inggris yang benar.
CD ROM-CD ROM grammar kami akan membuktikan pada anda bahwa grammar bukanlah sesuatu hal yang dirisaukan atau topik yang sulit. Anda akan sekaligus belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Sangat MUDAH dan SEDERHANA.
BERSENANG-SENANG SEKALIGUS BELAJAR
Kami percaya bahwa kunci dalam berbahasa Inggris adalah motivasi dan rasa antusias. Itulah mengapa tim English Training Centre (ETC) telah menciptakan materi belajar yang dapat membangkitkan semangat, menarik dan inovatif yang telah tersedia untuk anda.
Kami telah menggunakan teknologi multimedia terkini yang memberi gambar-gambar tentang orang, tempat-tempat dan situasi serta cerita-cerita yang hidup yang akan sangat menyenangkan dan memberi anda inspirasi.
Mari kami ajak anda untuk menjelajah: suatu penjelajahan memasuki dunia berbahasa Inggris. Anda akan sangat tertarik pada apa yang akan anda temukan.

Kamis, 05 Mei 2011

PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK

PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK
Pembagian masa perkembangan sampai sekarang
masih secara teoritis dipergunakan. Tahap-tahap
perkembangaan oleh Piaget dibagi dalam masa-masa
perkembangan sebagi berikut:
Tahap I: Masa sensori motor (0-24 bulan)
Sub masa: - Modifikasi dari refleks-refleks (0-1
bulan)
- Reaksi pengulangan pertama (1-4
bulan)
- Reaksi pengulangan kedua (4-10 bulan)
- Koordinasi reaksi-reaksi sekunder (10-
12 bulan)
- Reaksi pengulangan ketiga (12-18
bulan)
- Permulaan berpikir (18-24 bulan)
Tahap II : Masa pra-operasional (2- 7 tahun)
Tahap III: Konkrit-operasional (7- 11 tahun)
Tahap IV: Formal operasional (11- dewasa)
Berikut ini adalah penjelasan masa-masa perkembangan
yaitu masa sensori motor antara usia 0-
2,0 tahun dan masa pra operasional usia 2-7 tahun,
dimana pada usia tersebut anak dititipkan pada tempat
penitipan anak.
Tahap I: Masa sensori motor (0-2,0 tahun).
Masa ketika bayi mempergunakan sistem
pengindraan dan aktivitas-aktivitas motorik untuk
mengenal lingkungannya mengenal obyek-obyek.
Dengan berfungsinya alat-alat indra serta kemampuan-
kemampuan melakukan gerak-gerik motorik
dalam bentuk refleks-refleks si bayi berada dalam
keadaan siap untuk mengadakan hubungan dengan
dunianya.
Masa sensori terbagi menjadi 6 sub masa, yakni:
Sub masa 1 : Modifikasi dari refleks-refleks (nol
sampai satu bulan).
Sub masa 2 : Reaksi pengulangan pertama (1-4
bulan).
Sub masa 3 : Reaksi pengulangan kedua (4-10
bulan).
Sub masa 4 : Koordinasi reaksi-reaksi sekunder (10-
12 bulan).
Sub masa 5 : Reaksi pengulangan yang ketiga (12-
18 bulan).
Sub masa 6 : Permulaan berpikir (18-24 bulan).
Tabel 1. Masa Sensori Motor (0-24 bulan)
No. Sub masa Umur Kekhususan
1 Modifikasi dari
refleks refleks
0-1
bulan
Refleks menjadi lebih
efisien dan terarah.
2 Reaksi
pengulangan
pertama
1- 4
bulan
Pengulangan gerak-gerik
yang menarik pada
tubuhnya.
3 Reaksi
pengulangan
kedua
4- 10
bulan
Pengulangan keadaan atau
obyek yang menarik
4 Koordinasi
reaksi-reaksi
sekunder
10-12
bulan
Menggabungkan beberapa
skema yang memperoleh
sesuatu.
5 Reaksi
pengulangan
ketiga
12-18
bulan
Bermacam-macam
pengulangan untuk
memperoleh hal-hal baru.
6 Permulaan
berpikir
18-24Tahap II : Masa pra-operasional (2;0- 7;0 tahun).
Perkembangan yang jelas terlihat pada masa ini
berbeda dengan masa sebelumnya ialah kemampuan
mempergunakan simbol. Fungsi simbolik, yakni
kemampuan untuk mewakilkan sesuatu yang tidak
ada, tidak terlihat dengan sesuatu yang lain atau
sebaliknya sesuatu hal mewakili sesuatu yang tidak
ada. Fungsi simbolik ini bisa nyata atau abstrak
(Gunarsa 1997, p.153). Anak pada masa praoperasional
ini, bisa menemukan obyek-obyek yang
tertutup atau tersembunyi. Untuk bisa melakukan ini,
anak harus bisa melakukan simbolisasi terhadap
obyek yang tidak ada atau tidak diketahuinya ketika
terjadi pemindahan obyek. Anak juga bisa melakukan
sesuatu sebagai hasil meniru atau mengamati sesuatu
model tingkah laku. Ia memperlihatkan suatu tingkah
laku sebagaimana tingkah laku yang sama diperlihatkan
oleh anak atau orang lain pada waktu yang sudah
lewat. Anak harus membentuk tanggapan internal
terhadap sesuatu tingkah laku yang dilihatnya, agar
bisa melakukan ini. Anak tidak langsung meniru
model tingkah laku, melainkan ia mengamati,
menyimpan dan pada saat yang lain memperlihatkan
sesuatu kembali (mereproduksikan). Piaget mengatakan
anak-anak pada masa pra-operasional belum bisa
memusatkan perhatian pada dua dimensi yang
berbeda secara serempak. Yang termasuk Psikologi
Perkembangan adalah:
a. Psikologi kanak-kanak (dari lahir sampai+ umur 5
tahun)
b. Psikologi anak (dari umur 6 tahun sampai + umur
12 tahun)
c. Psikologi pemuda (dari umur +12 tahun sampai
umur + 20 tahun)
d. Psikologi adolesen (Psikologi umum)
Pembagian masa kanak-kanak.
a. ……s/d masa kelahiran disebut masa pranatal
(masa sebelum lahir)
b. 0;0 s/d 0;2 disebut masa orok (masa bayi)
c. 0;3 s/d 1.0 disebut masa anak tetek,
a. 1;0 s/d 2;6 disebut masa pencoba.
b. 3;0 s/d 4;0 disebut masa pancaroba, dan
c. 4;0 s/d 5;0 disebut masa BeRmain.
Perkembangan Anak Dalam Tahun Kedua (Masa
Pencoba).
Masa ini pada umumnya anak mulai mencobacoba
untuk berjalan, sekalipun yang lain sudah dapat
berjalan. Hal ini menunjukkan bahwa di dalam diri
anak tersebut tumbuh dorongan untuk bergerak.
Dorongan untuk bergerak ini dalam psikologi disebut
motorik. Perkembangan yang disebabkan atau ada
hubungannya dengan motorik antar lain ialah:
a. Perkembangan motorik.
b. Perkembangan bahasa.
c. Perkembangan permainan
d. Perkembangan menggambar.
Akhir masa kanak-kanak umumnya muncul
sekitar umur tiga tahun. Saat itu anak mulai menyadari
dirinya dan menemukan Aku-nya.
bulan
Berpikir dahulu sebelum
bertindakmulai menyadari
dirinya dan menemukan Aku-nya. Masa Trotz
merupakan masa peralihan, dari masa kanak-kanak ke
masa Anak, berlangsung hanya satu tahun (Sujanto
1996, p.41). Anak Balita adalah anak yang berusia
dibawah lima tahun. Pada umumnya orang berpendapat
bahwa masa kanak-kanak adalah masa
terpanjang dalam rentang kehidupan, saat dimana
individu relatif tidak berdaya dan tergantung pada
orang lain. Masa kanak-kanak dimulai setelah masa
bayi, yakni kira-kira usia 2 tahun (Hurlock, 1990, p.
108).

Senin, 02 Mei 2011

perilaku wanita bila telah siap untuk di cium pria

Anda memang mencintainya. Tak heran bila saat berkencan dengannya, Anda ingin sekali mendaratkan ciuman.

Namun Anda masih bingung, apakah itu waktu yang tepat memberikan ciuman kasih sayang. Padahal kenyataannya, wanita suka dicium tapi berusaha bersikap tenang karena ragu-ragu dan menunggu inisiatif pria.

Agar tidak semakin penasaran, berikut sinyal-sinyal wanita ingin dicium pria, seperti dilansir Kissingknowhow.

Sentuhan lembut
Awali dengan Anda menyentuh tangan dan lengannya. Lihatlah reaksinya. Jika dia merasa nyaman, ini waktunya Anda mendaratkan ciuman ke pipi atau bibirnya.

Puji kecantikannya
Anda bisa melancarkan pendekatan yang mengesankan dengan memuji kecantikannya, terutama wajah dan rambut. Anda bahkan dapat membelai rambutnya sambil mengucapkan kata-kata manis dan lihatlah reaksinya. Jika dia menyukai pendekatan ini dan kedua pipinya terlihat memerah, itu artinya dia siap dicium.

Tanyakan langsung kepadanya
Ini adalah cara yang tepat untuk bertanya langsung, apakah dia ingin dicium atau tidak. Jika dia tetap diam, Anda tampaknya beruntung. Ingatlah bahwa wanita itu suka dicium.

cara membuat wanita jatuh cinta

ini hanya masukan saja 80% setelah di coba akan berhasil maka cobalah olehmu sekalian dengan hati yang menerima ,,,
1. Tunjukan diri anda apa adanya
Saat anda merasa cocok dengan wanita, usahakan untuk terlibat percakapan dengan si doi. Tak harus topik yang berat, bicara soal hobi masing 2 juga bisa di coba. Tampilkan diri anda yang sebenarnya. Ketulusan anda akan menarik perhatian si doi.

2. jangan terlalu banyak menilai si doi
Tak ada orang yang sempurna di dunia ini jangan sampai anda membanding-bandingkan si doi dengan orang lain, apalagi tepat dihadapannya , bisa – bisa doi kesal. Jika si doi pergi, anda juga nantinya yang menyesal.

3. jangan terlalu agresif
Anda menyukainnya , doi pun memberi reaksi positif. Hati-hati , jangan berlebihan. Terlalu sering menelepon, menghujaninya dengan SMS mesra , atau menanyakan aktivitasnya seharian akan membuat si doi tak penasaran lagi. Jual mahallah sedikit. Batasi diri anda , ketidakhadiran justru bisa menumbuhkan kerinduan dalam dirinya.

4. Tunjukan perhatian anda
Tunjukan keantusiasan anda untuk mendengarkan cerita doi. Jika hubungan mulai dekat, luangkan waktu untuk mendengar curhat doi. Beri tanggapan dari cerita- cerita doi dengan pendapat yang cerdas, tanpa terkesan menggurui. Jika anda membuat dirinya merasa nyaman dengan anda , si doi akan betah bersama anda.

5. Buatlah dia tertawa
Senyuman merupakan salah satu senjata ampuh untuk menjalin komunikasi dengan seseorang. Tersenyum merupakan refleksi dari seseorang yang punya pemikiran positif. Kalo emank anda berbakat, beri doi humor-humor segar saat bersamanya. Anda bisa menularkan keceriaan padanya. Survei membuktikan dari 10 wanita 9 diantaranya lebih menyukai cowok yang punya selera humora tinggi.

6. Tampilkan yang terbaik
Menjadi yang terbaik , bukan berarti memaksakan diri melakukan hal-hal yang sebenarnya anda tidak sukai. Jangan memaksakan diri. Be your self aja. Dengan tampil bersih, harum, nafas segar dan tidak terlalu berantakan, cewe pasti banyak yang melirik. Apalagi jika anda menunjukan keahlian di depan doi. Jangan ragu untuk bermain gitar untuk doi atau memasak untuk doi. Jangan heran jika doi jadi terpesona akan apa yang telah anda lakukan.

7. Biarkan dia menebak-nebak
Jangan langsung membuka diri. Beri tahu secara perlahan siapa sebenarnya diri anda . jika anda langsung terbuka bisa – bisa doi akan bosan. Maknya biarkan rasa ingin tahunya tentang diri anda terus tumbuh dan berkembang. Dangan begitu, doi pun akan selalu berharap untuk mengenal anda lagi dan lagi.

8. Jangan sok akrab
Bila anda suka dengan doi. sebaiknya jangan dulu sok akrab. Tetap hargai privasinya. Jangan melampaui batas. EX: untuk menunjukkan keakraban anda memeluk – meluk doi. Jika doi merasa jengah, langsung hentikan aksi tersebut atau anda bakal benar benar kehilangan doi untuk selamanya.